TNI Distrubusi APD Di Sejumlah Daerah


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Prajurit TNI yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus kerja keras  untuk memenuhi kebutuhan Medis di sejumlah daerah yang dianggap kurang. Seperti pada pengiriman barang sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) dan Masker  dari Gugus Tugas Nasional ke Indonesia bagian Timur Ternate dan Maluku.

Pengiriman barang ke Ternate pada Sabtu (18/4/2020) dengan menggunakan pesawat TNI AU B737 dengan nomor penerbangan A. 7304 yang rencananya melalui rute dari Kupang, NTT langsung ke Ternate. Sedangkan pengiriman APD dan Masker ke Provinsi Maluku, Minggu (19/4/2020).

Alat yang dibawa oleh pesawat TNI tersebut berupa  APD (50 koli) dan Masker 1.000 pcs sama untuk kedua Provinsi yaitu Ternate dan Maluku.   Untuk Provinsi Ternate akan diterima lansung  oleh  Dinkes Provinsi Ternate. Sedangkan di Provinsi Maluku akan dijemput oleh pihak TNI yaitu Slog Kodam Pattimura dan Kesdam Pattimura. Rencana penyerahan ke Dinkes Provinsi Maluku oleh pejabat TNI di daerah yaitu Asops Kodam Pattimura yang direncanakan pada Senin (20 April 2020).

Sementara pada bagian lain, Provinsi Aceh menerima APD dengan menggunakan pesawat A-7306  milik TNI AU pada Sabtu Sore (18/4/2020), bantuan Alat Kesehatan Penanggulangan  Covid-19 dari Pusat penanggulangan Krisis Kemenkes  yang diterima berupa  APD 150 pices, Masker bedah 1000 pices, Masker N-95 200 pices dan hand sanitizer 500 pices. Sedangkan dari Diskesau untuk Lanud Iskandar Muda sebanyak 100 buah Rapid Test.

Pada Sabtu siang (18/4/2020) juga dikirim sejumlah APD melalui pesawat  TNI AU  dengan nomor pesawat A 2907 membawa APD sebanyak 40 box dan diterima langsung oleh BNPB Provinsi Lampung. APD tersebut setelah tiba di Lampung langsung didistribusikan ke sejumlah Kabupaten di seluruh Provinsi Lampung.

Apa yang dilakukan oleh TNI telah diapresiasi oleh Kepala Pusat Krisis (Kapuskris) dan staf Kemenkes RI Kapuskris dr. Budi Silpana memberi jempol dua bagi TNI atas kecepatan dan ketepatan mengirim dan menditribusikan sejumlah Alat Kesehatan diberbagai daerah dalam waktu beberapa hari terakhir ini.

Alkes yang terdistribusi pada  hari ini Sabtu (18/4/2020) telah berjalan lancar dan lebih terkoordinasi dengan baik oleh berbagai pihak, atas kerja sama yang dimotori oleh TNI baik di pusat dan daerah.  Kemudian yang lebih penting dapat langsung tepat sasaran kepada unsur daerah yang membutuhkan Alkes tersebut. Kerja keras yang dilakukan oleh TNI  dan sejumlah pihak terkait lainnya. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama