Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


 

Gandeng SMK Mitra Bakti Husada Bekasi, Unpam Gelar Pengabdian Masyarakat Secara Webinar

Dosen Prodi Ekonomi Akutansi Berikan Pengetahuan Kompetensi Akutansi dan Pajak

Ketua Tim PKM Unpam, Widiyati Rahayu Budi Astuti saat webinar dengan siswa siswi SMK Mitra Bakti Husada Bekasi.

JATIASIH (wartamerdeka.info) - Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat, lembaga akademisi Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini perguruan tinggi berkampus di Pamulang Tangerang Selatan tersebut melaksanakan pengabdian masyarakat berupa kegiatan sosial di luar lingkungan kampus.

Kegiatan dengan menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Bakti Husada (MBH) Kota Bekasi itu digelar mulai Selasa (27/10) hingga Rabu (28/10). 

Ketua Tim PKM dari Unpam, Widiyati Rahayu Budi Astuti SH MH menuturkan,  PKM dilakukan secara webinar, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga meskipun kegiatan tetap berlangsung, namun harus menerapkan protocol kesehatan.

“PKM ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai wujud sumbangsih Unpam, dalam hal ini adalah dosen dan mahasiswa  kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan sosial di luar lingkungan kampus,” tutur Widiyati.

Ia menjelaskan, mengambil tema “Bergerak Bersama UNPAM Memperkuat Kompetensi Akutansi dan Pajak Siswa SMK Mitra Bati Husada – Bekasi”. PKM ini bertujuan  memberikan bekal pengetahuan berupa kompetensi Akutansi dan pajak.

Dosen Unpam DR Dewi Gunherani SH MBH (kiri) menyerahkan sovenir kepada siswi SMK MBH.

“Pengetahuan ini sangat berguna  untuk siswa-siswi  kelas 12 jurusan Farmasi yang dipersiapkan akan menjadi asisten Apoteker. Kita tahu, bahwa profesi Assisten Apoteker sangat dekat dengan dunia usaha yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Karena itu, lanjut Widiyati, melalui kegiatan Pelatihan Akuntansi dan Perpajakan ini, diharapkan dapat tercipta Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Sementara salah satu dosen pengajar Unpam, Dr. Dewi Gunherani, SH, MH menambahkan, puncak acara  PKM digelar pada 28 Oktober 2020.

“Webinar ini dilakukan dari rumah masing-masing para  dosen  prodi (program studi –red) Ekonomi Akutansi. Selain itu juga ada beberapa mahasiswa yang memberikan materi dan diterima  dari rumah masing-masing  siswa SMK Mitra Bakti Husada  Jurusan Farmasi  kelas 12,” terang Dewi.

Dewi Gunherani yang juga Ketua Yayasan Mitra Bakti Husada ini menjelaskan, dengan dilaksanakan PKM ini, diharapkan peserta didik memiliki kompetensi keahlian yang mampu mengelola usaha, bekerja pada perusahaan local maupun global dan selalu mengembangkan diri dapat mensejahtrakan diri beribadah dan beramal atau melanjutkan ke jenjang Perguruan tinggi.

“Sebagaimana diketahui, ilmu Ekonomi Akutansi dekat sekali dengan dunia usaha, yaitu menciptakan peluang kerja pada bidang  yang dikelola oleh badan atau instansi baik milik negara, Pemda, swasta milik perorangan maupun Badan Hukum,” ujarnya.

Kepala SMK Mitra Bakti Husada Bekasi Sulistyono menerima plakat cinderamata dari dosen Unpam, Mulyani SPd MM.

Sekedar informasi, Universitas Pamulang (Unpam) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berlokasi di jalan Surya Kencana No 1 Pamulang Barat Tangerang Selatan – Banten.

Dibawah naungan Yayasan Sasmita Jaya, Unpam secara konsisten menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3KM).

Sementara SMK Mitra Bakti Husada Bekasi (SMK MBH) adalah sekolah menegah kejuruan yang berlokasi di Jalan Jati Mekar no 184 RT 01 RW 001 Jati Mekar Jati Asih – Kota Bekasi, Jawa Barat. Sekolah ini  mendapatkan  izin operasional nomor 421.5/Kep.421.5/Kep.165.Disdik/VI/2016, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Mitra Bakti Husada yang baru didirikan pada tahun 2014. 

Saat ini. SMK MBH memiliki Jurusan Keperawatan, jurusan Farmasi dan jurusan Tata Boga dengan jumlah Guru mencapai 30 0rang dan jumlah murid hampir 400 siswa. (Hen)

Posting Komentar untuk "Gandeng SMK Mitra Bakti Husada Bekasi, Unpam Gelar Pengabdian Masyarakat Secara Webinar"