Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Momentum Hari Kesehatan Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apakah Akan Mengulang Sukses Ketika Pemberantasan Malaria


Oleh: Asep Budiman

Bertepatan Tanggal 12 November 2020 diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional titik tolak awal HKN pertama kali diperingati pada 12 November 1964 untuk mengingat keberhasilan Negara kita khususnya Dunia Medis dalam pemberantasan malaria kala itu.

Akan tetapi berbeda dengan tahun sekarang dimana peringatan HKN ditengah masa pandemi dimana Bangsa di Dunia termasuk Negara Indonesia sedang berperang melawan Pandemi Virus Covid - 19 yang sudah banyak memakan korban jiwa meninggal Dunia, serta penyebaran Virus Covid ini dari hari ke hari semakin masif dan seolah tak terkendali.

Memang sangatlah berbeda penanganan Malaria dengan Covid - 19 sekarang dengan menyedot anggaran negara yang begitu luar biasa Fantastis sampai sendi ekonomi kita berada pada titik yang nyaris ambruk, karna semua anggaran terkonsentrasi pada penanganan Virus Corona ini.

Hingga perlu kesadaran masyarakat untuk mematuhi anjuran dari Pemerintah disiplin menjalankan Protokol Kesehatan 3 M, yaitu rajin Mencuci tangan dengan sabun diair yang mengalir, Memakai masker ketika beraktifitas diluar rumah, dan Menjaga jarak tidak membuat kerumunan, sambil menunggu ikhtiar Negara untuk menyediakan Vaksin sebagai pelindung tubuh manusia dari serangan Virus tertentu

Seperti dilansir dari laman Kemenkes, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun ini, sebagai momentum untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia, mudah mudahan dengan tekad yang kuat Indonesia bisa terbebas dari Covid - 19.

Momentum ini diterapkan juga pada peringatan HKN di Kabupaten Purwakarta dimana Pemkab Purwakarta tetap fokus melayani masyarakat lewat pelayanan berupa deteksi dini untuk percepatan penanganan Covid-19, Selain mendorong disiplin penerapan protokol kesehatan, pelaksanaan 3M dalam setiap aktivitas masyarakat juga sangat ditekankan.

Menurut Kepala Diskominfo Kab. Purwakarta, Siti Ida Hamidah, perayaan HKN ke-56 tahun ini, pemerintah mengambil sub tema yang masih berhubungan dengan pandemi Covid-19, yaitu, Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat.

Tujuan utamanya adalah menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia untuk keselamatan bangsa dari pandemi Covid-19. 

Selamat Hari Kesehatan Nasional 2020, Tetap jaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu: Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak, semoga kita segera terbebas dari Virus Corona. (*)

Posting Komentar untuk "Momentum Hari Kesehatan Nasional Diperingati Saat Pandemi, Apakah Akan Mengulang Sukses Ketika Pemberantasan Malaria"