Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Srikandi Tangerang Tengah Soroti Kondisi Kawasan Danau Kelapa Dua : Kumuh dan Pengelolaan Amburadul

Reny Bangun Ketua Bidang SDM Srikandi Pemuda Pancasila Tangerang Tengah

TANGERANG (wartamerdeka.info) - Lokasi Danau atau Situ Kelapa Dua terletak di wilayah Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, letaknya sangat stregis karena diapit dua kawasan elit dan merupakan akses jalan utama antara kawasan  Lippo dan Gading Serpong. 

Namun sangat disayangkan, keberadaan Situ yang menjadi kebanggaan masyarakat Kelapa Dua tersebut saat ini kondisinya  memprihatinkan,kotor, kumuh, jauh dari kata danau karena sebagian kawasan dipenuhi oleh tanaman eceng gondok serta lokasi tempat usaha di pinggiran danau tidak ditata dengan baik.

Ironisnya dana milyaran rupiah setiap tahun dikeluarkan Pemerintah Daerah untuk biaya revitalisasi dan penataan danau Kelapa Dua, namun hasil nya jauh dari harapan masyarakat.Hal itupun menjadi pertanyaan dari banyak pihak.

Menurut Reny Bangun, Ketua Bidang Sumber Daya  Manusia Srikandi Pemuda Pancasila setempat, permasalahan yang ada terkait Danau Kelapa Dua sudah ada sejak lama diketahui mayarakat.

"Di antaranya terkait luas danau yang dulunya seluas 46 hektare kini mengecil menjadi 23 hektar karena diduga dijual perjual belikan oleh  oknum tertentu.  Selain itu juga terkait dana  milyaran rupiah  anggaran revitalisasi dan penataan setiap tahun dari pemerintah daerah tapi hasilnya tidak terlihat," ungkap Reny kepada wartamerdeka.info, Selasa(10/11/2020).

Disamping itu menurut Reny, kondisi danau saat ini yang tidak layak disebut tempat wisata  dikarenakan pengelolaan kawasan wisatanya tanpa konsep yang jelas dan tidak menjadikan pengembangan kawasan wisata terintegrasi dengan yang lain sebagai prioritas utama pembangunan.

"Maka tak heran kondisi danau  terlihat kumuh terbengkalai  akibat pengelolaan yang amburadul,"tegasnya.

Untuk itu Reny Bangun menghimbau kepada semua pihak yang bertanggung jawab terhadap keberadaan danau itu  segera melakukan upaya serius untuk pembenahan kawasan danau agar telihat lebih indah .

"Adanya perhatian itu diharapkan, danau Kelapa Dua yang strategis itu bisa jadi destinasi wisata andalan warga Kabupaten Tangerang,"ujar Reni.

Terkait permasalahan danau Kelapa Dua tersebut pihak Dinas Sumber Daya Air Provinsi Banten sebagai pihak yang bertanggung jawab soal pengelolaan danau saat  dikonfirmasi belum memberi jawaban, hingga saat ini.(hanafi)

Posting Komentar untuk "Srikandi Tangerang Tengah Soroti Kondisi Kawasan Danau Kelapa Dua : Kumuh dan Pengelolaan Amburadul"