Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


JIC Akan Gelar Pameran Virtual Kaligrafi Kontemporer Tingkat Nasional


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Jakarta Islamic Centre dalam pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2021 akan menggelar Pameran Virtual Kaligrafi Kontemporer Tingkat Nasional. Rangkaian kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Jakarta Islamic Centre dengan Islamic Art Exhibition (IAE), Kata  M. Arif Syukur di kantornya JIC bilangan Koja Jakarta Utara.

Dalam gelaran pameran virtual ini menghadirkan para seniman kaligrafi lintas usia, diantaranya M. Arif Syukur Kasubdiv. Pemberdayaan Masyarakat Divisi Sosial Budaya Jakarta Islamic Centre sekaligus Direktur Islamic Art Exhibition, DR. KH. Didin Sirojuddin AR, Bapaknya kaligrafi Indonesia dan Pengasuh Ponpes LEMKA, Maestro Syaiful Adnan yang sudah dikenal dikalangan seniman sebagai pemilik mazhab kaligrafi Syaifuli, Suharno El Faiz Seniman kaligrafi yang karyanya banyak menghiasi masjid, begitu juga Popi Andri Harahap seniman dari Sumatera Utara dan masih banyak para kaligrafer dari daerah lainnya.

Pada gelaran pameran ini mengambil tema 'Titik & Garis Merubah Dunia', sebagaimana Jakarta Islamic Centre yang hadir dengan visi menjadi sebagai pusat peradaban Islam tidak lepas dari makna sebuah titik hitam (Nokhtah) yang berubah menjadi cahaya (Minadz Dzulumati Ilan Nuur).

"Yang diharapkan menjadi mercusuar harapan bagi kemajuan umat dan peradaban," jelasnya.

Lebih lanjut Arif menegaskan bahwa Jakarta Islamic Centre sangat memperhatikan serta mengembangkan aspek seni dan budaya dalam penguatan keummatan.

Karenanya program seperti ini di tengah pandemi Covid -19 yang belum berkesudahan, seharusnya menjadi model bagaimana pengembangan seni Islam di bidang kaligrafi yang diharapkan menjadi cikal bakal bagi kemajuan bangsa serta dapat dikembangkan pada tingkat yang lebih besar yakni event bersifat Internasional. Semoga seiring waktu bisa diwujudkan.

Pameran Vitual Kaligrafi Kontemporer tingkat nasional dibuka dengan gelaran workshop melalui zoom meeting Meeting ID: 960 6814 8506 Passcode: 299983 untuk pengunjung yang ingin menyaksikan Pameran Kaligrafi Virtual Tingkat Nasional dapat mengaksesnya di : https://www.20012021.islamicartexhibition.com/

Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre, Ahmad Juhandi mengapresiasi kegiatan ini. "Di masa pandemi ini kita tidak boleh berdiam diri. Kita harus mempunyai inovasi dan kreasi untuk meningkatkan skill dan hobi serta kinerja kita. Dengan pameran virtual ini karya-karya Pak Arif semakin dikenal oleh masyarakat dan bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi para penikmat seni". (A)

Posting Komentar untuk "JIC Akan Gelar Pameran Virtual Kaligrafi Kontemporer Tingkat Nasional"