Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Tokoh Supranatural Kisawung CH CHT Kini Go International, Inilah Kisah Perjalanan Spititualnya

Kisawung CH CHT  (Muslil Siregar SE).

TOKOH supranatural tanah air cukup banyak yang dikenal hingga mancanegara. Salah satunya adalah Kisawung CH CHT  (Muslil Siregar SE).

Setidaknya, Kisawung ini sering diundang dalam berbagai kegiatan supranatural di sejumlah negara. Bahkan Kisawung yang saat ini merupakan tokoh yang diperhitungkan dalam Forum Keluarga Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia (FKPPAI) sering menjadi pelatih kegiatan supranatural di Singapore, Malaysia bahkan sampai ke Thailand 

Kepada wartamerdeka, Kisawung yang cukup dikenal sebagai konsultan spiritual ini bercerita tentang perjalanan spiritual supranaturalnya. 

"Semuanya bermula pada  27 Januari 2001, saat saya menjadi saksi berdirinya Forum Komunikasi Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia (sekarang Forum Keluarga Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia). Bahkan saya ikut bergabung dan aktif pada organisasi tersebut," ujarnya, saat ditemui, Senin (22/2/2021).

Lalu, pada Januari 2006 dia join di Forum Supranatural Kaskus The Largest Indonesian Community, dan mulai berkarya dalam bentuk tulisan (Thread tentang Supranatural dan Spiritual) secara intens  sampai sekarang.  

"Hal ini untuk menjalankan pesan sesepuh bahwa lebih baik membuat karya dalam bentuk tulisan  ketimbang membuat iklan daftar menu keparanormalan," ujarnya.

"Pada 17 Desember 2007, saya membuka post dan menjadi Blogger di kisawung.blogspot.com serta membuat tulisan pertama  profil tentang mengapa saya berkecimpung dalam dunia spiritual/supranatural sehingga menjadi paranormal dengan judul tulisan 'Amanah Waris Turunan',' katanya lagi. 

"Disini saya menjelaskan walaupun kemampuan keparanormalan yang ada pada saya  itu hakekatnya saya dapat tanpa belajar, namun saya diarahkan secara tidak langsung untuk harus belajar dan berkelana supaya saya dapat pemahaman tentang sejatinya diri ini dan darimana kemampuan itu. Sehingga dengan demikian saya paling tidak suka menyatakan bahwa kemampuan dan pengetahuan itu saya dapat dengan tanpa berguru, karena saya selalu menyebutkan bahwa saya muridnya para Sesepuh, para Kyai juga Dukun bahkan saya pun belajar banyak kepada Orang Gila mantan Orang Gila, Penjahat dan Mantan Penjahat," tambah Kisawung.

Selanjutnya dia mengaku,  seperti orang yang selalu kerasukan ketika terasa gerakan menulis datang kemudian segera menuliskan apapun tentang perjalanan spiritual yang telah dia lalui dan apapun tentang topik supranatural yang banyak menyesatkan opini masyarakat tentang benda antik supranatural.

"Saya luruskan sesuai pakem tak tertulis yang pernah saya dengar dari Guru-guru saya secara obyektif dan menghindari jauh-jauh pemahaman yang subjektif. Semua tulisan itu, saya tuangkan di dua media sosial yakni Kaskus dan Blogspot," ungkapnya. 

"Jika saya membaca ulang tulisan-tulisan tersebut terutama tentang topick suatu keilmuan Supranatural,  sungguh merasa heran darimana bisa lancar menuliskannya. Dan jika disuruh tulis ulang belum tentu bisa melakukannya lagi," tambah Kisawung yang berdarah Batak ini.

Kisawung saat berpraktek di luar negerj

Bahkan dia pun harus bertarung dalam pertempuran melawan dua musuh utama di dunia maya, yaitu para Hatter yakni mereka yang selalu saja skeptis dan membully para aktivis dunia spiritual dan supranatural dengan motto yg selalu mereka ucapkan, "Hari gini masih percaya dukun, sementara orang luar sudah ke bulan."

Dan musuh yang satu lagi, menurut Kisawung ialah para Scammer/ penipu yang selalu saja mencatut nama besar dukun atau paranormal dan melakukan kegiatan spam membuat akun palsu  di berbagai media seperti twitter, Instagram, Facebook dan media iklan melalui internet juga membuka blog-blog modus penipuan di blogspot , wordpress, bahkan membuat website sendiri."

"Atas aktifnya tulisan saya pada dua media sosial itulah menyebabkan banyaknya korespondensi yang terjadi dari para simpatisan yang kebetulan ada masalah dan berkonsultasi melalui kolom message dan berlanjut by phone. Bahkan walau dari luar negeri sekalipun. Saking penasarannya mereka telephone interlokal sampai berjam-jam dan rutin setiap beberapa hari , dan selalu saja saya layani dengan ikhlas walau capek mungkin kena radiasi HP. Saat itu saya tidak mengenal yang namanya konsultasi berbayar secara jarak jauh by phone," ungkap Kisawung. 

Namun hal tersebut membuahkan hasil, yakni dia bisa Go Internasional, dan sering menjadi pelatih serta menjadi narasumber di Singapore dan Malaysia bahkan sampai ke Thailand. Semua terekam dengan baik menjadi dokumentasi yang berharga.  Saat ini karena situasi Pandemi menyebabkan halangan untuk memenuhi undangan ke India, Amsterdam, dan Turki.

"Antusias permintaan terbanyak datang dari Singapore, padahal kegiatan supranatural berskala besar sangat dilarang di Negara tersebut. Namun pihak penyelenggara mampu mengubah nama kegiatan menjadi pelatihan yang  besifat Metafisika dimana kegiatan pelatihan dan narasumber  metafisika, diperbolehkan di negara tersebur," katanya.

Awal pelatihan supranatural di Singapore terjadi pada tahun 2015 dengan topik Al Hikmah dan Inner Power serta  Inner beauty. Berlanjut rutin setiap tahun  dua kali dengan topik supranatural  lainnya. 

Kisawung  ke Singapore tersebut ialah  akibat mereka sebelumnya sering melihat  tulisan-tulisannya di Blogspot.

Di Malaysia, berawal tahun 2011 dia berkeliling menghidupkan kembali jalur pelatihan Al Hikmah yang sudah pernah ada sebelumnya, namun mati obor karena para guru perawatbya sudah banyak yang meninggal.

Dua datang dan menghubungkan kembali jalur tersebut langsung kepada pusat Al Hikmah di Cisoka Banten sehingga para penerus di Malaysia bisa hadir silaturrahmi langsung ke Banten dan disahkan menjadi Guru Perawat.

"Saya ke Malaysia akibat tulisan saya di Forum Supranatural Kaskus yaitu Thread tentang Al Hikmah yang mendapat sambutan luar biasa," ungkap Kisawung.

Menurut Kisawung, pengalaman luar biasa lainnya ialah ketika dia diliput oleh TV Perancis dengan topik tentang Batu Mulia Gemstone yakni  Diamod kaitannya dengan diantara Budaya Mistik Supranatural, yaitu Susuk Berlian. 

"Terima kasih saya ucapkan kepada Mas Narto dan Mbak Nurul yang merekomendasikan saya kepada  crew TV Perancis  itu pada tahun 2010. Sayangnya saya tidak mendapatkan link untuk arsip dokumentasi," kata Kisawung.

Mas Narto dan Mbak Nurul yang dimaksud Kisawung adalah pengurus ini FKPPAI pada tahun 2010.  Mas Narto ini lebih dikenal dengan nama Ki Sunarto. Yang sekarang adalah Doktor Ilmu Lingkungan dan Dekan FKIP Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

"Juga satu hal yang tak dapat saya lupakan ialah ketika awal adanya acara "Dunia Lain" Trans TV dengan presenter Harry Panca  Lain pada tahun 2002, diisi pertama kalinya oleh Ki Sunarto dan selanjutnya dia direkomendasikan untuk ikut berkiprah berkali-kali bersama Hang Solahudin.

"Dan prestasi kami ialah berhasil ikut mewujudkan sosok gaib sehingga terekam dalam kamera,' ujar Kisawung lagi.

Akibat acara itu Kisawung selanjutnya menjadi sering tampil di Trans TV, Trans 7, Metro TV , TVRI, AnTV, TPI, Indosiar, Lativi. Berlanjut sekarang Transvision Podcast, Ganjil Misteri.

Acara di TV, dia juga sering bersama FKPPAI dimana saat itu Mbak Nurul dan Mas Narto yang menjadi aktivis pengurusnya. Baginya, itu jenangan yang sangat indah atas kekompakan dan kebersamaan anggota FKPPAI.

Dia mengaku, ada dua sesepuh yang selalu memberikan inspirasi dan motivasi luar biasa sehingga memacu dirinya untuk selalu berkarya dalam perjalanan spiritual dan pengabdian pada masyarakat. 

"Yaitu Yang Mulia PNA Drs Mas’ud Toyib  (Mantan Direktur Seni Budaya TMII dan Mantan Ketua Umum FKPPAI) serta Dr Drs Ki Sunarto, M.Hum," pungkasnya. (Aris)  


2 komentar untuk "Tokoh Supranatural Kisawung CH CHT Kini Go International, Inilah Kisah Perjalanan Spititualnya"

  1. Mantap Jos Sukses selalu ya Ki
    Aamiin 33 X YRA

    BalasHapus
  2. Kereeen! Semoga sehat selalu and semakin sukses nggih Kisawung 🥰

    BalasHapus