Antisipasi Lonjakan Covid-19, Tiga Pilar Kebon Jeruk Lantik Satgas Relawan Covid-19

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dalam menghadapi Kontijensi kenaikan Covid-19 pasca libur Idul Fitri 1 syawal 1442 H, Tiga Pilar Kebon jeruk Jakarta Barat membentuk dan melantik satuan tugas relawan Covid-19, Jumat (4/6/2021).

Sebanyak 70 relawan dari 7 Kelurahan di Kecamatan Kebon Jeruk mengikuti pengukuhan dan pelantikan sekaligus simulasi penanganan Covid-19 yamg dilaksanakan di lapangan sepak bola kebon jeruk Jakarta Barat.

"Sebanyaj 70 orang relawan satgas Covid-19 dari 7 Kelurahan di Kebon Jeruk, di masing masing kelurahan memiliki keanggotaan sebanyak 10 orang relawan satgas Covid-19 yang akan siap membantu Tiga Pilar Kebon Jeruk," ujar Kapolsek Kebon Jeruk Kompol R Manurung saat dikonfirmasi di lokasi.

Manurung menjelaskan, satgas relawan Covid-19 tersebut dibentuk guna mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien yang terpapar kasus Covid-19 pasca libur perayaan hari raya Idul Fitri 1 syawal 1442 H

Dari data yang kita terima ada sekitar 1.146 orang warga kebon jeruk yang melaksanakan libur lebaran mudik ke kampung halaman 

Para relawan ini dipersiapkan untuk membantu baik TNI/Polri maupun pemerintah daerah jika sewaktu waktu ada kontijensi lonjakan kasus Covid-19 di wilayah kelurahannya masing-masing untuk siap membantu tiga pilar Kebon Jeruk.

"Jadi tugas para relawan ini memiliki tugas untuk mengingatkan dan mengedukasi masyarakat di kelurahan masing-masing untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan " ucapnya 

Manurung mengatakan para relawan tersebut juga telah dibekali peralatan seperti ketongan dan masker. Nantinya para relawan tersebut sambil berkeliling kampung di kelurahan masing-masing membawa ketongan sambil mengingatkan dan mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Jika ada masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 relawan tersebut akan langsung menghubungi call center yang sudah disediakan lengkap dengan petugas dan mobil ambulance untuk segera melakukan evakuasi terhadap warga yang terpapar Covid-19.

"Kita ketahui di wilayah Kebon Jeruk saat ini ada 4 klaster baru yang terkonfirmasi Covid-19 pasca libur mudik lebaran kemarin. Dari 4 wilayah tersebut sekitar 111 warga yang terpapar Covid-19 sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing masing," ungkap Manurung

Untuk warga yang saat ini terpapar Covid-19 pihaknya juga sudah mendatangi masing-masing warga dengan memberikan vitamin dan suplemen baik dari pak kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo maupun bantuan dari Bhayangkari Ranting Kebon Jeruk berupa mpon mpon 

Lebih jauh Manurung mengatakan, jika nantinya terjadi mikro lockdown di wilayah Kebon Jeruk Jakarta Barat pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan 3 pilar dan sudah menyiapkan baik tenaga kesehatan maupun ruang yaitu di GOR samping kecamatan Kebon Jeruk yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19. 

Setelah dilakukan pengukuhan satgas relawan Covid-19 oleh 3 pilar Kebon Jeruk Jakarta Barat tampak terlihat para relawan melakukan simulasi penanganan Covid-19 dari penanganan jika nanti menemukan warga yang terpapar Covid-19 hingga berkeliling kampung sambil memukul kentongan untuk mengingatkan dan mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Kebon Jeruk Kompol R Manurung, Camat Kebon Jeruk Bp H Saumun Danramil kebon jeruk Kapt. Inf. Sudarsono, Wakapolsek Kebon Jeruk AKP S. Widodo SH, Sekretaris Camat kecamatan Kebon Jeruk, personel Polsek Kebon Jeruk, Para Lurah se kecamatan Kebon Jeruk, Kepala puskesmas kecamatan Kebon Jeruk, Dewan Kota kecamatan Kebon Jeruk hingga Ketua FKDM kecamatan Kebon Jeruk  (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama