Temui Gubernur Anies, Bupati Nelson: Kab Gorontalo Siap Suplai 1000-2000 Ekor Sapi Per Bulan Ke DKI

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo melakukan pertemuan dengan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kamis (17/06/2021), di Ruang Kerja Gubernur DKI Jakarta. 

"Pertemuan kami membahas kerjasama dalam pangan ternak sapi. Apa lagi di era pandemi Covid-19 saat ini, antar daerah saling membutuhkan terkait pemulihan ekonomi," ujar Nelson. 

Lebih lanjut Nelson mengungkapkan,  per hari pemerintah DKI Jakarta membutuhkan suplai 700 ekor ternak sapi, dan Kabupaten Gorontalo  siap mensuplai ternak sapi kurang lebih 1000 hingga 2000 ekor per bulan ke Jakarta.

"Dalam kerjasama ini kami berharap  pemerintah DKI Jakarta bisa membuat Rumah Potong Hewan (RPH), untuk membuat pegembangan peternakan di Kabupaten Gorontalo. Terlebih Provinsi Gorontalo banyak mensuplai jagung di berbagai daerah," terang Nelson. 

Nelson menjelaskan, banyak manfaat dari jagung. Salah satunya bisa dijadikan pangan ternak sapi. Dalam pengolahan pakan ternak, Kabupaten Gorontalo memiliki PT Popan. Bahkan, dalam lima tahun ini,  pemerintah Kabupaten Gorontalo telah menyalurkan 10 ribu ternak sapi kepada masyarakat. 

"Melalui sektor peternakan ini, akan menjadi pintu gerbang kerjasama kita  dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk teknisnya, akan dibahas bersama Dinas Peternakan BUMD, Dinas Pangan serta BUMD DKI Jakarta," jelas Nelson. 

Dia membeberkan,  Provinsi Gorontalo, ada kurang lebih 200 ribu sapi, khusus di Kabupaten Gorontalo ada sekitar  115 ribu ternak sapi.  Untuk penggemukan, pihaknya melakukan kerjasama dengan Bank Sulutgo. 

"Melihat potensi yang ada, maka kita akan mensuplai daging sapi ke Jakarta. Dengan demikian, Provinsi Gorontalo akan menjadi lumbung ternak, dan pastinya ini berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat naik, kemiskinan turun," tutup Nelson. (Ar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama