Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Bupati YES Hadiri Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Perubahan APBD Lamongan 2021

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Wabup Abdul Rouf menghadiri penyampaian Pandangan Umum (PU) Fraksi-Fraksi terhadap Nota Keuangan Bupati tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lamongan Tahun 2021di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Selasa (24/8/2021).

Perubahan formasi APBD tahun 2021 yang tak lepas dari melemahnya ekonomi Lamongan akibat pandemi Covid-19 sehingga pendapatan daerah mengalami penurunan dari berbagai sektor. Kondisi inipun cukup dipahami berbagai fraksi, seperti yang disampaikan juru bicara Fraksi Partai Persatuan Nasional Rakyat Indonesia (PNRI) Mutoyo, pihaknya cukup memahami kondisi menurunnya pendapatan Kabupaten Lamongan.

“Kami memahami kondisi perubahan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pendapatan daerah terlihat mengalami penurunan dari berbagai komponen,” tutur Mutoyo.

Senada, turut diungkapkan jubir Fraksi Partai Gerindra Imam Fadlli, pihaknya memahami kondisi ekonomi Lamongan akibat pandemi, namun tetap berharap agar pemerintah terus mensosialisasikan ke masyarakat  mengenai pentingnya membayar pajak, sehingga pendapatan pajak daerah dapat meningkat. Sedangkan Matlubur Rifa’, jubir Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) berharap pemerintah dapat mengoptimalkan objek pemungutan pajak dan retribusi daerah serta perbaikan sistem pemungutan retribusi, sehingga sistem pemungutan mudah dikontrol dan terukur.

Terkait peningkatan rencana belanja daerah, Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) yang dijuru bicarai Abdul Aziz mengungkapkan apresiasi tinggi keseriusan pemerintah daerah dalam bidang kesehatan khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksin, baik dengan bentuk pemenuhan insentif dan pemenuhan dukungan baik itu mobilitas dan distribusi vaksin.

“Golkar memberikan apresiasi tinggi terhadap keseriusan pemerintah daerah dalam bidang kesehatan khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksivaksin. Kami  meminta untuk selalu memberikan perhatian kepada nakes dalam bentuk peningkatan SDM. Sehingga masyarakat mendapat pelayanan yang maksimal,” ungkapnya.

Fraksi Partai Demokrat melalui jubirnya, Sri Setyowati juga mengungkapkan harapannya agar pemerintah daerah mengoptimalkan  anggaran agar tepat sasaran. Sesuai fokus utama APBD 2021, anggaran dititikberatkan pada bidang kesehatan hingga bantuan sosial bagi warga terdampak pandemi sehingga bantuan dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

“Penambahan anggaran tersebut harus menitikberatkan pada bidang kesehatan hingga bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19. Terkait kenaikan anggaran, kami meminta pemerintah daerah untuk mengoptimalkan anggaran tersebut agar tepat sasaran sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat ditengah pandemi, serta mengurangi dampak ekonomi yang diakibatkan oleh penyebaran virus Covid-19,” terangnya.

Sedangkan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang disampaikan Ratna Mutia Marhaeni dan Sholihin menyoroti pembiayaan daerah. Menurut pihaknya seharusnya terdapat target-target pelampauan penerimaan kembali yang berasal dari kelompok PAD, dana transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah yang diuraikan sampai ke jenis pendapatan. Termasuk juga pada penghematan belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga, dan belanja transfer sampai ke jenis belanja. Misalnya, belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja subsidi, belanja bunga, belanja hibah dan belanja bantuan sosial. (Mas)

Posting Komentar untuk "Bupati YES Hadiri Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Perubahan APBD Lamongan 2021"