Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Peringati Hari Koperasi, Bupati Lamongan Launching Gerakan “Ayo Ditumbasi”

LAMONGAN (wartamerdeka.info) -Bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Hari UMKM ke-6 di Pendopo Lokatantra  Lamongan, Jumat (13/8) Pemkab setempat mengenalkan gerakan “Ayo Ditumbasi”.

Sebuah gerakan adaptif di tengah pandemi untuk membangkitkan dan menggairahkan perputaran perekonomian yang merupakan pengembangan dari gerakan Ayo Beli Produk Lamongan yang spesifikasinya ditujukan pada UKM (Usaha Kecil Menengah) seperti penjual makanan kecil, pedagang keliling dan pedagang kali lima.

“Ini adalah  gerakan di tengah pandemi bagaimana kita membangkitkan dan menggairahkan kembali perputaran perekonomian di Kabupaten Lamongan. Melalui gerakan  ini kita libatkan masyarakat untuk turut membeli jajanan yang ada di sekitarnya,” ujar Bupati Lamongan, Pak Yes, usai melauncing gerakan “Ayo Ditumbasi” dengan menempelkan stiker pada gerobak pedagang kaki lima secara simbolis di halaman Pendopo. 

Senada dengan isi pidato Menteri Koperasi dan Usaha Mikro, Teten Masduki, yang dibacakan oleh Bupati tagline peringatan hari koperasi nasional ke-74 tahun 2021 adalah “untung bareng koperasi”, yang didasari semangat  membangun kesadaran masyarakat indonesia bahwa koperasi memiliki potensi besar  meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Selain peningkatan ekonomi anggota, koperasi diharapkan menjadi lembaga sosial dan lembaga pendidikan bagi anggota dan masyarakat.

Turut hadir Kepala Cabang Perbankan di wilayah Kabupaten Lamongan sebagai mitra umkm, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Kepala BPJS Kesehatan Lamongan, Rektor Universitas Islam Lamongan, Pimpinan PT. Indomart dan PT. Alfamart lamongan, Ketua Dekopinda, Ketua Puskopwan, Ketua Paguyuban Kopwan Lamongan dan 150 pelaku usaha mikro se Kabupaten Lamongan yang hadir secara virtual.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, Agus Suyanto, melaporkan, Lamongan juga melaunching program One Cooperation One Product (OCOP). Program bertujuan memberdayakan koperasi melalui produk unggulan anggotanya agar mampu berdaya saing sehingga menciptakan kemandirian ekonomi koperasi seutuhnya. Sedangkan yang menjadi pilot project ocop ini adalah 28 koperasi wanita se Kabupaten di mana koperasi telah terbukti nyata mempunyai produk unggulan melalui pembinaan kepada anggota koperasi serta membantu memasarkan produk-produk tersebut.

Bupati Yes menyerahkan Sertifkat PIRT dan Halal kepada pelaku usaha mikro, penghargaan kepada pemenang lomba Tik Tok Challenge untuk 3 Koperasi pemenang lomba dan menyerahkan piala kepada 3 pemenang lomba koperasi berprestasi. Sebagai bentuk kepedulian, Pak Yes juga memberikan santunan kepada pelaku UKM yang meninggal akibat covid-19.(Mas)

Posting Komentar untuk "Peringati Hari Koperasi, Bupati Lamongan Launching Gerakan “Ayo Ditumbasi”"