Bupati Barru Pimpin Apel Konsolidasi Siaga Bencana

BARRU (wartamerdeka.info) - Apel konsolidasi  siaga bencana dipimpin Bupati Barru Ir. H.Suardi Saleh, M.Si di halaman Kantor Bupati Barru, Selasa (3/11/2021).

Pada apel konsolidasi ini, Bupati Barru H.Suardi Saleh didampingi  Kapolres Barru AKBP Liliek Tribhawono, S.IK, M.M dan Wakalpolres Barru Kompol Edy Sumantri memeriksa kesiapan  pasukan gabungan 

Bupati Barru H. Suardi Saleh dalam sambutannya, apel konsolidasi penanggulangan bencana secara dini bertujuan  untuk memastikan kesiapan personil hingga peralatan apabila terjadi bencana pada musim hujan yang mengakibatkan terjadinya banjir, tanah lonsor dan bencana lainnya.

Menurut Bupati penanggulangan bencana dan pengurangan resiko bencana merupakan tanggungjawab semua pihak, untuk itu perlu adanya sinergitas.

Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengingatkan bahwa ada sejumlah daerah potensi bencana, antara lain banjir dan tanah lonsor, hal ini tentunya meberikan sinyal bahwa kita semua harus waspada dan bersiap lebih dini untuk melakukan tindakan, agar seluruh komponen dan personil siaga bencana bisa lebih siap.

Maksimalkan pelaksanaan tanggap bencana ini. Ada beberapa hal yang sangat diharapkan Bupati untuk menjadi perhatian:

1. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan sebagai landasan utama dalam melaksanakan segala aktifitas. 

2. Jaga keselamatan anda dalam bertugas, siapkan kondisi fisik dan mental untuk dapat melaksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya. 

3. Laksanakan tugas kemanusiaan dengan sungguh-sungguh. 

4. Senantiasa menjaga kekompakan dan selalu bersinergi dalam melaksanakan tugas.

"Untuk daerah kita ini saya perintahkan untuk segera mendirikan posko tanggap bencana pada kantor BPBD Kabupaten Barru," tambahnya.

Posko ini nantinya ditempati oleh petugas gabungan yang setiap saat diterjunkan ketika terjadi bencana, petugas gabungan ini nantinya terdiri dari gabungan personil dari TNI, Polri, Satpol PP/Damkar, BPBD, Dinas Sosial, Palang Merah Indonesia dan OPD yang terkait.

Di akhir sabutannya, Bupati mengharapkan di masa pandemi ini masyarakat tetap selalu waspada dan jangan lengah meski daerah kita masih aman.

Terkait capaian vaksinasi Bupati terus mendorong untuk mencapai 40 persen, hari ini kita sudah mencapai 39,39 persen, Karena apabila tak tercapai maka daerah kita tetap di posisi level 3.

Hadir di acara ini Ketua DPRD Kabupaten Barru Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Barru, para Kepala OPD, para Kepala Bagian dan Camat Se-Kabupaten Barru.

(Humas/sam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama