Bentuk Generasi Muda Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan, Korem 071/Wijayakusuma Bina Pramuka Saka Wira Kartika

BANYUMAS (wartamerdeka.info) - Guna untuk memperkuat dan memperkokoh rasa kebangsaan generasi muda bangsa, agar tidak luntur akibat degradasi perkembangan globalisasi, Korem 071/Wijayakusuma melalui Pramuka Saka Wira Kartika memberikan pembinaan generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan. 

Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika TW IV Tahun 2021 Korem 071/Wijayakusuma ini, diikuti oleh perwakilan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma yang bertemakan "Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika guna membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan", berlangsung di Bumi Perkemahan Kendalisada, Kalibagor, Banyumas. Sabtu (11/12/2021).

Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Ws. Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono mengatakan,  dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, kesadaran bela negara sangatlah penting karena perubahan lingkungan akibat globalisasi dan arus informasi yang sangat cepat perkembangannya, hal ini berdampak luas terhadap dinamika kehidupan nasional baik yang berdimensi positif maupun negatif. 

Menilik hal tersebut, Kolonel Dwi Lagan, meminta generasi muda agar mencermati setiap perkembangan dinamika yang terjadi. "Hal itu, harus dicermati, karena indikasi kecenderungan sudah menipisnya wawasan kebangsaan dan bela negara dimasa globalisasi ini khususnya para generasi muda bangsa", tegasnya. 

"Berkaitan dengan itu, upaya untuk menumbuhkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, perlu terus dikembangkan diberbagai lingkungan kehidupan. Sehingga hak dan kewajiban bela negara serta pemahaman terhadap wawasan kebangsaan benar-benar melekat di jiwa masyarakat bangsa Indonesia, dalam rangka terjaminnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945", jelasnya. 

Diterangkan Danrem, kegiatan tersebut, juga untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda akibat pengaruh budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan penghilangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kehidupan masyarakat. 

"Maksud diadakannya kegiatan ini, disamping untuk memberikan bekal pengetahuan dan meningkatkan keterampilan serta kreatifitas kepramukaan juga untuk membentuk generasi muda yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, berjiwa ksatria dan memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat bela negara," ungkapnya

Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 071/Wijayakusuma TW IV ini, selain untuk memperkokoh dan memperkuat jiwa nasionalis dan patriotis, juga diberikan berbagai materi keterampilan atau krida dalam kepramukaan diantaranya krida navigasi darat, krida mounteneering, krida survival, krida pioner dan krida penanggulangan bencana alam. (D)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama