Polda Metro Jaya Dan IMI Jakarta Gelar Street Race 2022, Bamsoet Harap Tidak Ada Lagi Balap Liar

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran membuka event balap Street Race 2022. Mengusung tema 'Mengejar Prestasi Bukan Sensasi', Street Race 2022 yang digagas Polda Metro Jaya bersama IMI telah mentransformasikan balap liar menjadi balap resmi. Sekaligus menjadi event balap pertama di Indonesia yang memfasilitasi para pembalap liar agar tidak lagi melakukan balap liar di berbagai ruas jalan raya. 

Diikuti 350 pembalap muda, lintasan sirkuit menggunakan jalan Inspeksi Kali Ancol sepanjang 700 meter, yang telah diaspal dengan bagus untuk digunakan sebagai lintasan balap. Menjadi role mode bagi Polda lainnya untuk melakukan tindakan yang humanis dengan cara merangkul para pembalap liar. 

"Melalui Street Race 2022, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran yang sebelumnya telah mengangkat pembalap muda Indonesia yang berlaga dalam kejuaraan bergengsi dunia FIM Moto3 World Championship 2022, Mario Suryo Aji sebagai anak asuh, juga secara resmi mengangkat para joki, mekanik, dan bengkel yang biasa terlibat di berbagai balapan liar sebagai adik asuh. Kita juga apresiasi langkah Kapolda Metro Jaya yang memberikan motor latihan kepada Mario, yang akan digunakan dirinya untuk berlatih di Pertamina Mandalika International Street Circuit, sehingga bisa mempersiapkan diri menghadapi FIM Moto3 World Championship 2022 secara baik," ujar Bamsoet usai membuka Street Race 2022, di kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (16/1/2022).

Turut hadir Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali, Kadis Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, dan Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin. 

Hadir pula Pengurus IMI Pusat antara lain Badan Pengawas Brigjen Pol Syamsul Bahri, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Komisi Sosial Dwi Aroem Hadiatie dan Kombes Pol Putu Putera Sadana, Komunikasi dan Media Sosial Hasby Zamri, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi, dan Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko serta pembalap moto3 Mario Aji.

Ketua DPR RI ke-20 yang juga mantan Ketua Komisi III DPR RI yang membidangi Hukum  HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, IMI juga siap melatih para pembalap liar agar bisa meningkatkan kemampuan balapnya. Sehingga kelak bisa bergabung dalam tim balap resmi. Sebagaimana pembalap internasional Valentino Rossi yang juga mengawali kiprah balapnya di ajang balap liar, maupun mengikuti jejak Mario Suryo Aji yang mampu menembus ajang FIM Moto3 World Championship 2022. Pelatih yang disediakan IMI terdiri dari pembalap profesional seperti Rifat Sungkar, Ananda Mikola dan Dyan Delato. 

"Selain di Kawasan Ancol, Polda Metro Jaya bersama IMI juga akan menyelenggarakan Street Race 2022 di berbagai daerah lain seperti Bekasi dan Tangerang Selatan, yang juga dikenal sebagai lokasi yang rawan dengan balapan liar. Kasatlantas Polres Metro Bekasi dan Kasatlantas Polres Tangerang Selatan sudah ditugaskan mencari lokasi balapan yang cocok," jelas Bamsoet. 

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan, dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, selain Drag Race, kedepannya event Street Race 2022 juga akan dikembangkan untuk menyelenggarakan road race. Semakin banyak jenis balapan sepeda motor yang diselenggarakan, semakin bagus untuk mewujudkan jalan raya yang bersih dari balapan liar. 

"Polda Metro Jaya telah mengidentifikasi, setidaknya ada 36 daerah di wilayah Polda Metro Jaya yang kerap kali dijadikan lokasi balap liar. Tersebar dari mulai Jakarta Timur, Jakarta Selatan, hingga Jakarta Pusat. Melalui Street Race, diharapkan kedepannya tidak ada lagi balap liar. Sekaligus memastikan anak-anak muda bisa menyalurkan energi dan bakatnya secara tepat. Dan gebrakan Kapolda Metro Jaya Fadil Imran diharapkan jadi roll model polda-polda lain seluruh Indonesia," pungkas Bamsoet. (A)

Posting Komentar untuk "Polda Metro Jaya Dan IMI Jakarta Gelar Street Race 2022, Bamsoet Harap Tidak Ada Lagi Balap Liar"