Jokowi Masih Dicintai Rakyat, Giring Mengundurkan Diri dan 9 Calon Presiden


Oleh: Andre Vincent Wenas, MM., MBA 

(Pemerhati Fenomena Ekonomi-Politik)

Pagi ini, Kamis 24 Februari 2022 lagi-lagi Giring Ganesha (Ketua Umum PSI) membuat jagad politik melirik kepadanya. Ada apa?

Dalam pernyataan pers yang, tumben pagi-pagi, disampaikannya bahwa ia mengundurkan diri sebagai kandidat calon presiden untuk pemilu 2024.

Kenapa?

Karena dari hasil turun lapangan ke berbagai daerah dan hasil jumpa muka dengan berbagai kalangan ia menemukan fakta politik bahwa Jokowi masih dicintai rakyat. Artinya apa?

Ya tentu tidak sulit untuk mengartikannya, bahwa rakyat masih menginginkan Jokowi sebagai pemimpin (baca: presiden). Atau apakah ada makna lainnya? Silahkan sampaikan.

Namun juga…

Dari hasil “facts-finding” di lapangan, Giring Ganesha juga berhasil menyerap aspirasi rakyat lewat komunikasi politiknya dengan berbagai kalangan, bahwa ternyata ada 9 (sembilan) nama lain yang dianggap bisa jadi penerus Jokowi.

Urutannya sesuai abjad: Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Muhammad Andika Perkasa, Muhammad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, dan Sri Mulyani Indrawati.

Kesembilan figur itu diyakini bisa melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih, dan politik keterbukaan. Rupanya itulah kriteria utamanya. Sehingga…

Ya sehingga “nama-nama lain” yang selama ini ada tercantum di berbagai hasil polling lembaga survey, seperti Mbak Anu atau Cak Ini-Itu atau bahkan Bang Pitung misalnya tidaklah dianggap cukup memenuhi kriteria untuk melanjutkan kerja: Politik Kesejahteraan, Politik Bersih dan Politik Keterbukaan.

Mengenai kesembilan kandidat ini, tentu masih terbuka untuk direbus (digodok) dalam wacana publik selanjutnya. Maka dalam 9 bulan ke depan, Giring Ganesha pun berjanji akan turun ke basis-basis untuk mensosialisasikan dan mendengar pendapat berbagai kalangan tentang kesembilan kandidat itu.

Tulisan ini tidak akan panjang-panjang.

Intinya, Giring Ganesha telah menyampaikan pesan politik penting, bahwa:

Pertama, ternyatalah Jokowi masih paling dicintai rakyat. Kedua, atas fakta itu, Giring Ganesha mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai presiden RI di Pemilu 2024. Ketiga, dari temuan di lapangan juga ditemui fakta bahwa ternyata ada 9 figur yang dianggap bisa meneruskan Jokowi (nantinya).

Yang pertama dan kedua sudah jelas. Untuk yang ketiga, mari kita aktifkan partisipasi politik kita dalam rembuk rakyat online lewat polling yang disediakan PSI di laman: rembukrakyat.psi.id

Perkembangan selanjutnya? Mari kita pantau terus bersama-sama! Politik itu dinamis kawan, karena itulah ia jadi sangat menarik. (Jakarta, 24/02/2022)

Editor: Danny PHS 

Posting Komentar untuk "Jokowi Masih Dicintai Rakyat, Giring Mengundurkan Diri dan 9 Calon Presiden"