Sekda Kab Gorontalo Dr Roni Sampir: Anak Muda Harus Miliki Jiwa Wirausaha

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Dr Roni Sampir S.Kep M.Kes membuka kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula melalui Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK-NF) Kementerian Koperasi dan UKM RI Tahun 2022, di Gedung O'Mart Pentadio Timur, Kecamatan Telaga Biru, Kamis (24 Maret 2022).

Dalam sambutannya, Dr Roni Sampir menyampaikan, pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula ini  berlangsung selama 3  ( tiga) hari dengan peserta berjumlah 29 orang.

"Dengan  tema entrepreneur muda, kreatif dan inovatif, kegiatan ini bertujuan motivasi para pemuda untuk berwirausaha mengembangkan wawasan pengetahuan tentang dunia usaha, membuka mindset para pemuda dan mahasiswa untuk menjadi seorang enterpreneurship dan menambah pengetahuan tentang branding usaha promosi baik mengikuti ajang pameran dan melalui media sosial," ujarnya.

Dikatakan, perkembangan  ekonomi  kreatif  tidak  dapat  terlepas  dari  generasi  muda  sebagai “gudang”kreativitas. 

Generasi  muda, tambah Roni,  adalah  sumber  daya  produktif  yang  dengan  ide  keratifnya  dapat  membuka  sebuah  usaha  (wirausaha)  yang  juga  membantu  pemerintah  dalam  mengurangi  tingkat  pengangguran  angkatan  kerja  produktif di kabupaten gorontalo. 

"Semakin  banyak  anak  muda  yang berkecimpung  di  dunia  wirausaha, semakin banyak  pula  produktifitas  yang  dihasilkan sehingga  berdampak  pula  pada  meningkatnya perkembangan  ekonomi  di tingkat nasional," tandasnya. 

Memiliki  jiwa  entrepreneur  berarti  mendorong  adanya  mental  yang  mandiri, kreatif, inovatif, bertanggung  jawab , disiplin, dan  tidak  mudah  menyerah, seperti  layaknya  seorang  wirausaha  ketika  memulai  usahanya dari  bawah.  

"Sifat-sifat  ini  dilakukan  pada generasi  muda  yang  notabenya  adalah  jiwa petualang, penuh  ide,  dan  menyukai  tantangan  secara  umum  memiliki  kesamaan  dengan  konsep  wirausaha  yang  menjawab  tantangan  secara  umum  memiliki  kesamaaan  dengan  konsep  wirausaha  yang  menjawab  tantangan  dan  memanfaatkan  peluang yang ada," kata Roni lagi.

Dia mengingatkan, kewirausahaan memiliki peran penting untuk menciptakan dan menyediakan produk yang bernilai tambah (value added) serta kemampuan manajemen untuk mencari dan membaca peluang. 

Peran ini memberikan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri dengan memiliki usaha sendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. 

"Mengakhiri sambutan ini, atas nama pemerintah Kabupaten Gorontalo, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap peserta yang ikut pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh  menggali ilmu pengetahuan yang berguna untuk mengembangkan usaha, agar para pemuda Gorontalo, khususnya di Kabupaten Gorontalo semakin maju dan mandiri untuk berwirausaha," pungkas Roni Sampir. (Irf)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama