Ditjen Dukcapil Kemendagri Kirimkan 9 Inovasi Ke KIPP

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ditjen Dukcapil Kemendagri turut andil dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dengan mengirimkan 9 proposal Inovasi. KIPP merupakan salah satu strategi Kementerian PANRB dalam mendorong penciptaan inovasi dalam pelayanan publik.

KemenPANRB dalam berbagai kesempatan menjelaskan pentingnya KIPP yaitu merupakan media sosialisasi inovasi pelayanan publik dan juga sarana pertukaran inovasi yang memberikan apresiasi dan mendorong keberlanjutan inovasi pelayanan publik.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam KIPP terdapat 2 kategori yaitu kategori umum dan khusus. 

Kategori umum adalah inovasi yang belum diikutkan sebelumnya atau belum mendapatkan penghargaan, sedangkan kategori khusus adalah inovasi yang telah ikut dan mendapatkan penghargaan serta diikutkan kembali untuk dinilai pembaruan dan peningkatan inovasinya.

Dirjen Zudan menjelaskan bahwa proposal yang diikuti kategori umum adalah D-Ev, GISA Petanduk, Juwita-NG, D'Voice, Tau Data, Sidara, dan Tanduk sDG. Sedangkan untuk 2 proposal yang mengikuti kategori khusus adalah iPop Exo dan SPTJM For All.

"Sebagai Dukungan, sahabat Dukcapil diharapkan dapat memberikan like, comment dan share pada video singkat mengenai inovasi Ditjen Dukcapil" kata Zudan.

Video singkat tersebut yaitu:

1. D-Ev: Dukcapil is Everywhere (https://youtu.be/AI1v45DYD6A)

2. iPop Exo: Indonesia’s Population dan Civil Registration Map for Data Exploration atau Peta Kependudukan dan Pencatatan Sipil Indonesia untuk Eksplorasi Data (https://youtu.be/HjzgbhBjcD4)

3. GISA Petanduk: Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan bagi Penduduk Rentan Adminduk (https://youtu.be/HHUbnCnQXy0)

4. Juwita-NG: The Next Generation Of Data Utilization In Public Services (https://youtu.be/FVIc2uQ1dgc)

5. D'Voice: Dukcapil Voice, Inovasi untuk Mendengarkan Suara Pelanggan (https://youtu.be/1hVYS6g0tN8)

6. Tau Data: Minta Satu Dapat Banyak Layanan Administrasi Kependudukan (https://youtu.be/5V5Fr4SnEIA)

7. Sidara: Sistem Informasi Database Pejabat Disdukcapil Daerah (https://youtu.be/RTaqxyiSsU8)

8. Tanduk sDG: Penerbitan Dokumen Kependudukan secara Digital (https://youtu.be/Fsd-Ve6tFZA)

9. SPTJM For All: SPTJM Untuk Semua Pelayanan Penerbitan Dokumen Kependuduka (https://youtu.be/3pBZpYOS_Hw)

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh juga selalu mendukung setiap inovasi yang dibuat dan dikembangkan sebagai perwujudan dari peningkatan layanan kepada masyarakat.

"Kita gencarkan inovasi bahwa ruh birokrasi kita di Dukcapil, ruhnya adalah inovasi," tandas Zudan.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian turut mendorong beragam inovasi yang telah dilakukan Ditjen Dukcapil, karena inovasi tersebut pasti akan berdampak positif bagi kemudahan dan kualitas pelayanan adminduk di masyarakat. (R)

Posting Komentar untuk "Ditjen Dukcapil Kemendagri Kirimkan 9 Inovasi Ke KIPP"