Dirjen Bina Bangda: Perpustakaan Daerah Harus Mampu Bertransformasi Mengikuti Perkembangan Tekhnologi

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Dr Teguh Setyabudi MPd mengajak pemerintah daerah dan seluruh masyarakat  meningkatkan budaya gemar membaca untuk meningkatkan pembangunan literasi masyarakat.

"Sehingga kedepannya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan dapat berdaya saing," pada acara pembukaan Talkshow “Transformasi Perpustakaan Menuju Ekosistem Digital”, pada  23 Mei 2022.

Tentunya, tambah Teguh, hal tersebut juga perlu didukung dengan komitmen pemerintah daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang perpustakaan, sehingga dapat mengatasi berbagai tantangan yang semakin kompleks di era digitalisasi ini. 

"Tantangan yang paling kuat saat ini adalah arus informasi yang banyak dan datang secara bersamaan melalui berbagai sumber, terutama dari penggunaan teknologi dan informasi dan komunikasi," tambah Teguh Setyabudi.

Acara itu digelar dalam upaya mendukung arah kebijakan nasional urusan pemerintahan bidang perpustakaan, mengingat saat ini kita sedang menghadapi perubahan iklim informasi era digital, sehingga perpustakaan daerah harus mampu bertransformasi mengikuti perkembangan tekhnologi.

Dirjen Bina Pembangunan Daerah  juga menyampaikan jumlah sebaran data perpustakaan di seluruh Indonesia masih didominasi di Pulau Jawa, yaitu Provinsi Jawa Timur (32.511), Jawa Tengah (28.624), Jawa Barat (25.570), Sulawesi Selatan (16.075) dan Sumatera Utara (12.273). 

Hal ini berdampak juga pada hasil kajian tingkat gemar membaca masyarakat pada tahun 2020 untuk provinsi DI Yogyakarta mendapatkan nilai tertinggi yaitu 64,47, sedangkan untuk indeks pembangunan literasi masyarakat tahun 2020 nilai tertinggi diperoleh provinsi Kalimantan Selatan (48,70).

Ditegaskannya,  Ditjen Bina Pembangunan Daerah akan senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dengan mitra Kementerian/Lembaga dalam memfasilitasi sinkronisasi perencanaan agar program kegiatan pemerintah daerah sejalan dan mendukung arah kebijakan nasional urusan perpustakaan menuju ekosistem digital. (A)

Posting Komentar untuk "Dirjen Bina Bangda: Perpustakaan Daerah Harus Mampu Bertransformasi Mengikuti Perkembangan Tekhnologi"