Festival Ketapel Nusantara Tingkat Jawa Tengah Diselenggarakan Di Jepara

JEPARA (wartamerdeka.info)Permainan slepetan (bahasa Betawi) atau ketapel, kini makin diminati berbagai kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan kini permainan ketapel sudah memiliki komunitas, dan tergabung dalam Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (KPOTI).

Dalam rangka untuk melestarikan dan mensosialisasikan permainan rakyat ini KPOTI Kabupaten Jepara menyelenggarakan Festival Ketapel Nusantara tingkat Jawa Tengah, yang digelar di Pantai Tirta Samudra Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Sabtu-Minggu ( 21-22/5/2022).

Kegiatan ini  dibuka oleh Ketua DPRD Haizul Maarif  serta dihadiri juga oleh Kadis Disparta, Kadis Disparbud, Kadis Disdikpora, Kapolsek Jepara Edi Purwanto, para Kepala Desa, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 150 peserta dari berbagai  kota, yakni Solo, Bandung, Semarang, Kudus dan kota lainnya dan tentunya perwakilan dari kabupaten Jepara.


Haizul Maarif dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, sebagai upaya melestarikan budaya. 

Dia berharap, dengan kegiatan Festival Ketapel Nusantara ini, permainan ketapel yang merupakan produk budaya rakyat ini bisa terus berkembang.

Lomba atau festival ketapel ini mempertandingkan Kategori MULTI TARGET (indoor), yaitu untuk DEWASA (17 tahun ke atas) dengan jarak 10 meter) dan untuk ANAK (di bawah 27 tahun) dengan jarak 7 meter.

HADIAH yang disediakan: Juara 1 Dewasa : Rp 3 Juta, Juara 2 Dewasa : Rp 2 Juta, Juara 3 Dewasa : Rp 1 Juta.

Sedangkan Juara 1 junior (Anak) :  Rp 1,5 Juta, Juara 2 junior (Anak)  : Rp 1 Juta, Juara 3 junior (Anak) : Rp 500 Ribu

Hasilnya, untuk Dewasa,  Juara 1 Yusuf (no peserta 38  dengan total 24 poin), juara 2 Yusuf (no peserta 26 total 18 point),  Juara 3 Cendil  (peserta no 84 total 29 point).

Untuk Yunior, Juara 1 Alkandi dari  B.P JSC Solo, Juara 2 Muhammad Fariz dan Juara 3  Saint Karma.

Untuk memberikan suasana  lebih meriah digelar juga  lomba  lari dan diberikan total uang tunai untuk juara 1 (Rp 500.000),Juara 2 (Rp 300.000) dan Juara 3 (Rp 200.000)..

(Hani)


Posting Komentar untuk "Festival Ketapel Nusantara Tingkat Jawa Tengah Diselenggarakan Di Jepara"