Kemendagri: Banyak Inovasi, Samsat Batam Bisa Jadi Rujukan Daerah Lainnya

BATAM (wartamerdeka.info) - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni meninjau Samsat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Batam, baru-baru ini.

Menurut Dirjen, Samsat Batam ini merupakan salah satu Samsat terbaik di Indonesia. 

"Bisa menjadi rujukan daerah lainnya," ujar Fatoni. 

Dirjen Keuda diterima langsung oleh Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kepri, Kepala Bidang dilingkungan Bapenda Provinsi Kepri, Kepala UPTD Samsat Batam Centre dan Kasubag di UPTD Samsat Batam Center.

Dalam penjelasannya, Sekretaris Bapenda menyampaikan, Samsat Batam Centre telah banyak menerima penghargaan, diantaranya Penghargaan TOP 99 Kompetisi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Tahun 2018 dan Tahun 2019, Penghargaan Inovasi Tingkat Provinsi Kepri, Penghargaan Pelayanan Publik dari Kemenpan RB Tahun 2020 dan Tahun 2021, Penghargaan dari Gubernur Kepri inovasi aplikasi Keris Online.

Pada kesempatan tersebut, juga dijelaskan inovasi dan terobosan yang dilakukan Samsat Batam Centre, diantaranya menyediakan pelayanan Samsat Antar Pulau sehingga memudahkan masyarakat kepulauan dalam pelayanan pajak kendaraan.

Samsat Batam juga menyediakan beberapa Corner atau Gerai Pelayanan Samsat untuk memudahkan masyarakat dan untuk mencegah penumpukan antrian di Kantor Pusat Graha Kepri.

Selain itu menyediakan Papan Layanan Kepuasan yang berbasis elektronik sehingga memudahkan bagi pengunjung melakukan penilaian kinerja pelayanan.

Juga menyediakan loket khusus bagi disabilitas dan pelayanan khusus bagi disabilitas, untuk membantu saat melakukan pembayaran pajak kendaraan, menyediakan Loket Priority bagi masyarakat yang taat pajak dan tidak ada tunggakan.

Inovasi lain yang dilakukan adalah menyediakan layanan JEMPOL SAPRI (Jemput Bola Samsat Kepri) dimana petugas Samsat JEMPOL SAPRI yang sudah dihubungi akan mendatangi wajib pajak sehingga wajib pajak tidak perlu datang ke kantor Samsat atau Samsat Corner.

Samsat Batam juga menyediakan e-Samsat (Keris Online), sehingga pembayaran pajak dapat dilakukan melalui Aplikasi Android yang bekerja sama dengan berbagai Chanel Bank

Selain itu jug menyediakan Samsat Drive Thru, sehingga  masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan untuk membayar pajak kendaraan tahunan.

Dirjen Keuda pun memberikan apresiasi terhadap kinerja Samsat Batam yang telah banyak melakukan inovasi. "Pelayanan Samsat Batam cukup bagus. Banyak sekali inovasinya dan pelayanannya cepat dan berbasis digital," ungkap Fatoni.

Yang menarik, di sini pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor 1 tahun bisa selesai dalam waktu 3 menit dan pelayanan Pajak (Kendaraan Bermotor) 5 tahun dengan waktu 30 menit.

 (A)

Posting Komentar untuk "Kemendagri: Banyak Inovasi, Samsat Batam Bisa Jadi Rujukan Daerah Lainnya"