Kunjungi Daerah Saat Libur Lebaran, Dirjen Zudan Beri Apresiasi Layanan Dukcapil Kota Surakarta

SURAKARTA (wartamerdeka.info) - Sepertinya tak ada hari libur atau 'no days off' dalam kamus Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh. Etos kerja yang tinggi ini pun menular ke jajaran Dinas Dukcapil di daerah. 

Di hari libur panjang ini, misalnya, Dinas Dukcapil Surakarta membuka layanan khusus administrasi kependudukan seperti pencetakan KK, dan KTP-el yang hilang/rusak.

Dirjen Zudan yang sejak Selasa (3/5/2022) melakukan turba ke Dinas Dukcapil Kota Madiun, berlanjut hari ini Rabu (4/5/2022) melihat langsung Layanan Piket Libur Nasional dan Cuti Bersama Lebaran di kantor Dukcapil Surakarta.

Kepada Kadis Dukcapil Surakarta, Y. Pramono beserta jajaran, Dirjen Zudan memberikan apresiasi atas layanan yang dinilai sudah sangat baik dan dapat menjadi contoh praktik baik untuk kabupaten/kota lainnya. 

Di sela-sela kunjungannya Dirjen Zudan berkenan memberikan secara simbolis KTP-el kepada pemohon dan berpesan agar jajaran dukcapil Surakarta tidak cepat berpuas diri. 

"Pencapaian yang sudah baik ini belum cukup. Terus tingkatkan pelayanan agar masyarakat makin bahagia. Saya dorong Disdukcapil Surakarta menuju layanan 15 menit jadi. Di Indonesia baru Disdukcapil DKI Jakarta yang mendeklarasikannya, Surakarta jangan mau ketinggalan," kata Zudan seperti menyuntikkan booster semangat. 

Sementara itu, Kadis dukcapil Surakarta, Y. Pramono melaporkan kegiatan piket layanan adminduk selama libur nasional dan cuti bersama lebaran tersebut sebagai implementasi dari Surat Edaran Sekretaris Daerah Surakarta Nomor: KP. 11/1528/2022. 

"Kami menugaskan 10 tim secara bergiliran, dimulai tanggal 29 dan 30 April. Sementara untuk tanggal 1-3 Mei libur dan ditugaskan kembali piket layanan pada tanggal 4 hingga 8 Mei 2022," kata Pramono. 

Pelaksanaan piket, tambah Pramono, dilakukan secara bergiliran, dengan harapan pelayanan kepada masyarakat tetap bisa berjalan, dan para pegawai juga tetap bisa menikmati liburan lebaran bersama keluarga. 

Usai bersambung rasa di Disdukcapil Surakarta, Dirjen Zudan melanjutkan blusukannya ke kantor Disdukcapil Kabupaten Klaten.

Di Klaten Dirjen Zudan mendorong agar penataan kantor Disdukcapil lebih nyaman bagi pemohon dan petugas.

Apa yang dilakukan oleh Dukcapil yang terus proaktif melayani bahkan seperti dihari libur ini, adalah pelaksanaan dari arahan Mendagri HM Tito Karnavian agar Dukcapil terus berkarya, terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. (A)

Posting Komentar untuk "Kunjungi Daerah Saat Libur Lebaran, Dirjen Zudan Beri Apresiasi Layanan Dukcapil Kota Surakarta"