Dukcapil Kemendagri Lakukan Asistensi Data Pemilu 2024 Dengan DPRD Kota Tomohon

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ditjen Dukcapil Kemendagri lakukan asistensi data Pemilu 2024 lingkup wilayah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

Asistensi tersebut dalam kerangka Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kota Tomohon bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM untuk konsultasi Data Agregat Kependudukan terkait Pemilu 2024 di Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jl. Raya Pasar Minggu, Jakarta, baru-baru ini. 

Anggota DPRD Komisi I Kota Tomohon James Kojongian menjelaskan pertemuan ini untuk memastikan jumlah penduduk Kota Tomohon dan penduduk yang dapat memilih pada Pemilu 2024.

“Kami ingin memastikan sesuai dengan informasi yang kami terima dari Dinas Dukcapil bahwa jumlah penduduk Kota Tomohon 100.890 jiwa,” ungkap James.

Menanggapi perihal tersebut Analis Kebijakan Ahli Muda Ditjen Dukcapil Indersan menjelaskan sesuai record di database Dukcapil jumlah penduduk pada Kota Tomohon saat ini sebanyak 101.020 jiwa.

“Kami terus berupaya mengontrol Disdukcapil kabupaten/kota agar mencapai target cakupan perekaman sebelum Pemilu 2024,” tutur Indersan.

Ditjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh turut menjelaskan hasil capaian terkini dalam pendataan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) secara nasional untuk Pemilu Tahun 2024.

“Kalau menggunakan data per hari ini, daftar pemilih untuk Pilpres di bulan Februari 2024 sekitar 206 juta jiwa dan untuk Pilkada bulan November 2024 sekitar 210 juta jiwa. Tentunya data dapat berubah, karena penduduk Indonesia yang bersifat dinamis,” ujarnya. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama