Kini Telah Terbangun 227 Ribu Km Jalan Produksi Di Desa-desa, Jokowi: Perubahan Itu Benar-benar Nyata

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa jalan-jalan produksi di desa-desa saat ini. relatif lebih baik dari sebelumnya. Ini berkat penggunaan dana desa yang telah digelontorkan Pemerintah, yang mencapai Rp 468 triliun.

"Sehingga telah terbangun 227 ribu kilometer jalan produksi di desa-desa, 4500 embung yang ada di desa-desa 71 ribu unit irigasi yang juga telah terbangun di desa," jelasnya.

Jokowi menyebut bahwa masyarakat juga nampaknya tidak menyadari kinerjanya pemerintahannya yang setiap tahun berhasil membangun khususnya jalan-jalan di daerah hampir setiap tahun.

"Ini tidak kita sadari tetapi dalam 7 tahun ini secara rutin setiap tahun telah kita bangun sehingga perubahan itu benar-benar nyata," ungkap Jokowi dalam sambutannya pada acara Musyawarah Rakyat (Musra), di Bandung, Minggu (28/8/2022).

Presiden juga mengaku kaget jalanan di desanya Boyolali, Jawa Tengah telah diperbaiki. Dan saat ini sudah bisa diakses kendaraan mobil.

"Saya 2 minggu lalu datang ke desa saya, di Boyolali, saya kaget jalan yang sebelumnya tanah semuanya, saya bawa mobil gak bisa masuk ke desa, sekarang ini sudah bisa masuk ketengah desa karena jalan telah diperbaiki," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa dirinya berhasil membangun 29 bendungan besar. Dan pada akhir tahun nanti akan bertambah 9.

Dirinya menargetkan pada 2024 nanti akan terbangun 61 bendungan besar yang tersebar di berbagai daerah.

"Sehingga apa yang dulunya panen sekali menjadi dua kali, yang dulunya panen dua kali menjadi tiga kali. Orang tidak merasakan tetapi hadirnya bendungan itu membuahkan hasil bahwa kita sudah swasembada sejak 2019," imbuhnya. (A)

1 Komentar

  1. Kerja kerja kerja nyata. Majulah jayalah selalu negriku .. libas apa yg ada diepan sebagai penghambat .

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama