Baznas Kabupaten Tangerang Akan Luncurkan Bank Zakat Mikro Finance

H. Anwar Ardadili M.Pd Wakil Ketua II Bidang Pendistribusi Dan Pemberdayaan Baznas Kabupaten Tangerang 

TANGERANG (wartamerdeka.info) - H. Anwar Ardadili M.Pd Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan Baznas Kabupaten Tangerang mengungkapkan dalam semester kedua tahun ini Baznas Kabupaten Tangerang akan meluncurkan Bank Zakat Mikro Finance.

"Program ini khusus di wilayah Pantura Kabupaten Tangerang, yakni wilayah Kecamatan Kosambi,  Teluk Naga dan Mauk," ujar Anwar Ardadili, kepada wartamerdeka.info, Selasa (13/9/2022).

Menurutnya, program ini adalah pilot proyek yang merupakan kerjasama dengan Baznas Pusat.

Hal itu untuk membantu masyarakat, terutama para pedagsng kecil agar tidsk terjerat renternir.

"Ya, program ini mengantisipasi kondisi, dengan banyaknya renternir alias 'Bank Emok'," tambahnya.

Program lainnya adalah Beasiswa Satu Kecamatan Satu Sarjana (SKSS). Ini  masuk dalam program Baznas Tangerang Cerdas untuk membantu masyarakat kurang mampu menempuh pendidikan tinggi.


Dia menerangkan, syarat khusus bagi penerima beasiswa program SKSS dari Baznas Kabupaten Tangerang di antaranya dapat memahami materi terkait fikih zakat dasar. 

Mereka yang akan menerima beasiswa program SKSS ini, tambah Anwar Ardadili, harus siap menjadi relawan Baznas.

Dengan program satu kecamatan satu sarjana ini diharapkan ada peluang bagi mereka untuk mendapat pekerjaan layak.

"Kemudian yang ketiga, dalam semester kedua ini, kita memberikan bantuan para UMKM. Minimal dua orang per kecamatan. Ini terkait dengan program Baznas Mandiri," tambahnya.

Untuk diketahui, saat ini ada 5 program unggulan BAZNAS Kabupaten Tangerang, yaitu Baznas Taqwa, Baznas Cerdas, Baznas Sehat, Baznas Mandiri dan juga Baznas Peduli. 

Program tersebut menyasar hampir semua aspek mulai dari pemulihan ekonomi, sosial, hingga pendidikan bagi masyarakat tidak mampu.

Diungkapkannya, pada semester pertama  tahun ini pihaknya telah melakukan  pendistribusian  sebesar Rp 6 milyar yang terdiri dari: Baznas Taqwa, Baznas sejahtera, dan BAZNAS Cerdas, serta BAZNAS Tanggap Bencana

Untuk semester kedua tahun ini selain mendirikan Bank Zakat Micro Finance, pihaknya juga melakukan Bedah Rumah  Tidak Layak Huni. Setiap kecamatan 2 unit yang masing-masing anggaranya 25 juta / unit 

"Jumlah totalnya  58 unit," ungkapnya.

Selain itu juga Bedah madrasah tidak layak  pakai sebanyak 10 unit  dengan anggaran per madrasah Rp 30 juta.

Untuk Program BAZNAS UMKM Mandiri  per kecamatan mendapat bantuan 2 gerobak usaha plus bantuan modal. Totalnya 58 unit gerobak untuk pemberdayaan usaha kecil yang tidak mampu.

Sedangkan Baznas Cerdas  pemberian Beasiswa untuk satu kecamatan satu serjana  dengan target 50 beasiswa yang memenuhi persyaratan. 

BAZNAS Kab.Tangerang rencananya akan melaksanakan Launching  pendistribusian program unggulan di semester 2 ini pada Oktober  2022,  sekaligus dirangkaikan dengan  peringatan HUT Kabupaten Tangerang yang ke-390, di wilayah Pantura.

"Ini bukti bahwa Baznas  hadir untuk membantu pemerintah daerah meningkat kesejahteraan masyarakat dan menuntaskan kemiskinan,'' pungkasnya. 

(Hairul) 



Posting Komentar untuk "Baznas Kabupaten Tangerang Akan Luncurkan Bank Zakat Mikro Finance"