Evaluasi PAD Triwulan III, Bupati Barru: PAD Adalah Kemandirian Daerah Otonom

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh. M. Si menekankan Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah jiwa pemerintahan sehingga kemandirian daerah terlihat dari PAD yang dihasilkan. 

Bupati Suardi Saleh menegaskan hal itu saat memimpin Rapat Evaluasi Laporan Realisasi Penerimaan PAD Triwulan ke III di laksanakan di ruang kerja Bupati Barru, Jumat (21/10/2022)

"Kemandirian daerah otonom terlihat dari PAD yang di hasilkan, oleh karenanya gali semua potensi yang bisa di lakukan oleh OPD-OPD yang menjadi sumber PAD," tandas Bupati. 

Lebih lanjut Bupati  minta untuk segera mempersiapkan penyusunan Ranperda PDRD  sebagai bentuk keseriusan kita dalam mengelola PAD. Selain itu katanya, jalin kembali kerjasama dengan baik kepada semua pihak dan harus ada tanggung jawab moril dari semua aset yang ada di kabupaten Barru. 

"Evaluasi sejauh mana pencapaian PAD  84% dari target 79%.,Kita jangan terlena dengan target yang sudah lebih, setiap OPD terkait yang mengelola Pendapatan Asli Daerah yang bisa kita capai melebihi target," imbuhnya,

Bupati Barru juga menekankan kepada seluruh peserta rapat tentang Pendapatan Asli Daerah untuk membentuk Tim penyusunan Ranperda dan jangan terpaku kepada target realisasi. 

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) dalam pemaparannya mengatakan sementara membentuk 1 tim khusus regulasi  dengan sumber data 1 pintu.

"Kami sudah menggagas 1 tim  yang di Ketuai Asisten I yang berpusat di Sekretariat Daerah, karena banyak regulasi yang di buat saling tidak sinkron, sehingga yang lakukan adalah pembenahan ke dalam untuk regulasi, dan sudah waktunya kita kembali ke data," sebut Abustan lalu menambahkan,  semua objek harus memiliki data yang jelas agar menentukan target-target yang ingin dilakukan

Kepala Bapenda A. Rusman Rustam, S.STP, M.Si melaporkan, semua capaian dari 13 OPD yang mengikuti rapat evaluasi triwulan III. 

 "Ada beberapa OPD yang sudah melebihi target salah satunya RSUD Lapatarai dan Badan Pendapatan Daerah.PAD yang bersumber dari pajak mineral batu bukan logam dan batuan melebihi target di triwulan ke III dengan angka 127,85 %," terang dia. 

Dinas Kominfo-SP menjelaskan  potensi PAD tahun ini sudah melebihi target dan bisa naik 200% lebih untuk tahun depan. 

Secara umum realisasi triwulan III 84,81 % untuk semua sumber pad di semua OPD dengan target  Rp79 Milyar. 

(Humas IKP/Syam)

Posting Komentar untuk "Evaluasi PAD Triwulan III, Bupati Barru: PAD Adalah Kemandirian Daerah Otonom"