HKN ke-58, Pemkab Lamongan Serahkan Mobil Sehat

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 berlangsng di halaman Gedung Pemkab Lamongan, Kamis (17/11/2022).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyerahkan mobil sehat kepada 15 desa dan 2 ambulance untuk Dinas Sosial dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Data Dinas Kesehatan Lamongan, hingga Mei tahun ini total mobil yang telah diserahkan sebanyak 446 unit dari jumlah total target 474 mobil sehat. 

Pada tahun 2022 ditargetkan 464 unit mobil dapat terserahterimakan, dengan demikian seluruh desa di Kabupaten Lamongan yang berjumlah 462 desa dipastikan telah memiliki mobil sehat sebagai sarana prasarana penunjang kesehatan desa. Target 474 mobil ini direncanakan tuntas tahun depan dengan penambahan 10 unit mobil sehat untuk kelurahan.

“461 mobil hari ini sudah semua diberikan, tahun ini ada total 464 mobil. Jadi tinggal 10 kelurahan yang akan kita berikan pada tahun depan. Hari ini juga kita berikan untuk 2 OPD, tadi untuk Dinas Sosial difungsikan guna menyisir ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) yang ada di jalan, dan 1 untuk Dinas PMPTST yang kita standbay-kan di kantor MPP,” jelas Bupati Yuhronur. 

Penyerahan mobil sehat ini diyakini akan  menunjang pelayanan kesehatan hingga ke pelosok-pelosok desa. Desa dan puskesmas dengan jarak yang jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan memang didahulukan pemenuhannya, dan hingga saat ini pemenuhan sarana prasarana tersebut telah rata diberikan ke selururuh desa di Kabupaten Lamongan.

“Saya pikir dengan 464 mobil tahun ini dan 10 mobil yang akan kita berikan tahun depan, saya yakin ini akan sangat menunjang didalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Lamongan, bahkan sampai ke pelosok-pelosok. 474 tuntas semua tahun depan sampai ke kelurahan, kemarin kan kita dulukan memang yang jaraknya jauh dari pelayanan kesehatan, tapi sekarang sudah rata kita berikan semua,” tambah Bupati Yes.

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan Taufik Hidayat sebut 474 target mobil sehat akan tuntas di tahun depan. “Total 461 hari ini yang diberikan, tahun ini diserahkan 464 mobil sehat, tahun depan tuntas,” ucapnya.

Apel peringatan HKN ke-58 tersebut, bupati menyampaikan poin-poin penting dari sambutan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengenai kesiapan semua pihak terkait pandemi yang bisa datang kapan saja, penurunan angka kematian ibu dan bayi juga angka stunting, hingga transformasi sistem kesehatan. 

Bupati juga sekaligus menyerahkan berbagai penghargaan dan hadiah untuk desa, puskesmas, OPD, dan juga masyarakat yang turut berpartisipasi dalam peringatan HKN tahun 2022 juga berperan aktif di bidang kesehatan di Kabupaten Lamongan. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama