Wakil Bupati Barru Aska Mappe: Peristiwa 10 November Bukti Besarnya Pengorbanan Para Pejuang

BARRU (wartamerdeka.info) - Wakil Bupati Barru Aska Mappe bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) para peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Bupati Barru,  Kamis (10/11/2022).

Wakil Bupati Barru Aska Mappe yang membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI, Try Rismaharini yang menegaskan bahwa, Peristiwa heroik yang terjadi 10 November 1945 di Kota Surabaya menjadi bukti besarnya pengorbanan para pejuang, memberikan jiwa dan raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Untuk mengenang kembali jasa-jasa pahlawan yang telah gugur, hari bersejarah tersebut kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan,", terangnya. 

Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan di lingkup Pemerintah Daerah Kab Barru , turut hadir Sekda Barru. Unsur Forkopimda. Para Staf Ahli Bupati, Asisten,  Pimpinan OPD dan ASN lingkup Pemda Barru. 

Lebih lanjut dikatakan, Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka.  

Kita katanya, hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya.

Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati!

"Tidak mudah memang tapi pasti bisa. Karena para Pahlawan kita telah memberikan Teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada. dalam genggaman," tandasnya. 

(Humas IKP/Syam)

Posting Komentar untuk "Wakil Bupati Barru Aska Mappe: Peristiwa 10 November Bukti Besarnya Pengorbanan Para Pejuang"