Pj Bupati Muara Enim Lantik Dua Kades PAW Desa Gunung Megang Dalam Dan Desa Lubai Ulu

MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan melantik 2 (dua) Kepala Desa (Kades) Pengganti Antar Waktu (PAW) yakni Kepala Desa Gunung Megang Dalam Kecamatan Gunung Megang dan Kepala Desa Karang Mulia Kecamatan Lubai Ulu di Kantor Kepala Desa Gunung Megang Dalam Kecamatan Gunung Megang, Rabu (14/12/2022).

Dilantiknya 2 Kades PAW tersebut dikarenakan para penjabat kepala desa yang dahulu menjabat, yaitu Junaidi, Pj. Kades Gunung Megang Dalam dan  H. Mukminin, Pj. Kades Karang Mulia telah habis masa jabatanya.

Usai melantik dan menyaksikan pengambilan sumpah tadi, Pj Bupati mengatakan, Kades PAW sedikit berbeda dengan pemilihan Kades yang dipilih langsung oleh masyarakat, berdasarkan Peraturan  Menteri Dalam Negeri Nomor 65 tahun 2017  Bab VI A pemilihan Kades antar waktu dilaksanakan karena Kades berhenti pada sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun sehingga Bupati akan mengangkat Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemkab. Muara Enim sampai terpilihnya Kades yang baru melalui musyawarah desa.

Namun, dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Kades melalui pemilihan langsung maupun KadesPAW tetap memikul tanggung jawab yang sama tanpa adanya perbedaan, jabatan ini merupakan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat sehingga harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab, baik tanggung jawab kepada masyarakat, negara maupun dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, terang Pj Bupati kepada 2 Kades PAW a.n   Hasim (PAW Kades Sukadana) dan Asmara Hadi (PAW Kades Penandingan). 

"Oleh sebab itu saya mengingatkan agar amanah dan kepercayaan ini hendaknya dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keikhlasan serta prestasi kerja. Laksanakan pekerjaan dengan penuh komitmen, berintegritas dan tanggung jawab moral dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim, khususnya masyarakat di Desa saudara masing-masing," pinta Pj Bupati.

"Saya optimis dan percaya bahwa dengan kerja sama, kerja keras dan kerja cerdas seluruh komponen yang ada di Kabupaten Muara Enim, maka kita dapat memaksimalkan diri dan potensi yang ada di Kabupaten Muara Enim, khususnya membangun Desa Sukadana dan Desa Penandingan menjadi jauh lebih baik," kata Pj Bupati.

Di akhir arahanya, Pj Bupati menghimbau kepada Bapak Makmur Maryanto sebagai Desa Gunung Megang Dalam dan Bapak Hasni, sebagai Kepala Desa Karang Mulia untuk segera bersinergi dengan BPD guna memaksimalkan jalannya roda kepemerintahan di Desa.

Turut hadir unsur Forkopimda ataupun yang mewakili, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab. Muara Enim, Camat Gunung megang dan Camat Lubai beserta para jajaran Perangkat Desa. (Agus v).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama