Bupati Yuhronur Hadiri Pengukuhan Pengurus Gerontologi Abiyoso Lamongan


LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Menghadiri pengukuhan pengurus Yayasan Gerontologi Abiyoso Lamongan, Selasa (31/1) di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Bupati Yuhronur Efendi mengungkapkan fakta berdasarkan penelitian otak manusia di usia 60 tahun ke atas tidak secepat di masa muda, namun unggul dalam hal fleksibilitas yang artinya seiring bertambah usia cenderung membuat keputusan yang tepat. 


Pada usia itu manusia juga dapat menggunakan dua belahan otak secara bersamaan, sehingga memungkinkan lebih bijaksana dalam memecahkan masalah yang jauh lebih kompleks.


"Ada penelitian ketika kita sudah mencapai usia 60 tahun ke atas, kita akan mencapai emosional yang tinggi, keseimbangan otak kanan dan kiri. Sehingga ketika mencapai usia itu lahir keputusan yang bijak dengan akumulasi pengalaman yang diperoleh. Saya rasa kenapa Abiyoso ini dipilih sebagai nama karena Abiyoso merupakan tokoh yang punya wise (dinilai arif dan bijak) dalam memberikan petuah, pandangan, dan wawasan," kata Bupati Yes.


Bupati juga mengapresiasi atas dorongan juga partisipasi YGA (Yayasan Gerontologi Abiyoso) dalam membina kaum lansia dengan tujuan agar hidup kaum lansia bisa lebih bahagia dan sejahtera. Lamongan pembangunan manusianya dimulai dari dalam kandungan hingga lansia, yang ini telah dilakukan melalui berbagai program seperti program penurunan stunting hingga Selantang (Sekolah Lansia Tangguh).


"Saya sampaikan berkali-kali bahwa kita ini pembangunannya dimulai dari dalam kandungan hingga lansia. Kita harus bantu memfasilitasi, karena Yayasan Gerontologi Abiyoso ini juga hampir sama dengan PWRI (Persatuan Wredatama Republik Indonesia) begitu juga dengan program yang kita kembangkan. Kita siap memfasilitasi, bersama-sama dengan pemerintah daerah sehingga kegiatan-kegiatan ini bisa bermanfaat bagi para lansia," tambah Pak Yes.


Melantik 29 anggota YGA Lamongan, Ketua YGA Jatim Mas'ud mengatakan, YGA tidak cukup hanya sampai di sini, melainkan masih harus dibentuk dan dilengkapi di kecamatan-kecamatan.  Bahwa organisasi yang dibentuk sejak tahun 1993 ini bukan organisasi berunsur partai atau politik, melainkan organisasi yang murni membina lansia, mensejahterakan lansia, juga meningkatkan angka harapan hidup di Indonesia.


"Tujuannya membina kaum lansia supaya hidupnya bisa bahagia, sejahtera, panjang umur. Membantu Pak Bupati, pemerintah daerah dalam meningkatkan usia harapan hidup Indonesia," terang Mas'ud.


Pengurus Yayasan Gerontologi Abiyoso Lamongan masa bakti 2022-2027, diketuai oleh Nuroso dengan Ketua Penasehat Bupati Lamongan. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama