Gagas Perikanan "Yawabola", Pemuda Barru Ini Ajak Warga Manfaatkan Peluang


BARRU (wartamerdeka.info) - Tokoh Pemuda Kabupaten Barru Asriadi Rijal menggagas kelompok yang disebutnya Perikanan Yawabola. 


Hal ini diurai olehnya saat mengajak warga Kamara Kelurahan Tuwung Kecamatan Barru untuk memanfaatkan lahan rumah sebagai alternatif dari gagasan ini. 


"Saya mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan peluang. Utamanya yang ada disekitar kita. Halaman rumah misalnya banyak bisa dimanfaatkan dalam menambah nilai ekonomi," kata Asriadi Rijal yang juga sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Barru. 


Gagasannya dalam memanfaatkan peluang dengan memanfaatkan halaman rumah untuk pemeliharaan kolam terpal ikan nila. Menurutnya potensi ini sangat besar karena hampir tiap hari warga mengkonsumsi ikan.


"Hampir tiap hari warga mengkonsumsi Ikan. Maka untuk memanfaatkan peluang ini. Kami ajak warga untuk bisa menggunakan halaman rumahnya sebagai budidaya ikan nila. Alhamdulillah ada 10 kolam bantuan dari Pemkab Barru kita berikan kepada warga Kamara yang tergabung dalam kelompok Perikanan Yawabola," ujarnya. 


Gagasan Yawabola dalam bahasa bugis berarti dibawah rumah. Ia berharap dengan program ini warga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan tetap melihat peluang dan pemanfaatan halaman rumah sebagai alternatif ekonomi baru. 


"Ya semoga dengan bantuan dan gagasan ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan tambahan pendapatan ditengah pemulihan ekonomi," harapnya.

(syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama