Hadiri INACRAFT, Bupati Suardi Saleh: Gercep Pemulihan Perekonomian


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta,  Selasa (28/02/2023).


Pembukaan ajang bergengsi pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini turut dihadiri Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si bersama Ketua Dekranasda Barru drg Hj. Hasnah Syam MARS yang  juga Ketua TP. PKK Barru dan Anggota DPR RI Komisi IX. 


Diketahui,  INACRAFT adalah salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara. Tahun ini merupakan ke-23 kalinya diselenggarakan berkat kerjasama antara Asosiasi Eksporti dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI), Mediatama Event, Vespa, dan Behaestex, serta sejumlah media partner.


Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka dengan tarian selamat datang Abulo si Batang, Menparekraf Sandiaga Uno membuka pameran handicraft terbesar di Asia Tenggara ini.


“INACRAFT hadir sudah lama sekali, sejak 1999, sejak Presiden Joko Widodo masih menjadi pengusaha. Karenanya beliau berpesan, INACRAFT bisa menjadi ajang interaksi dan pertukaran informasi bagi masyarakat. Capaian transaksi INACRAFT pada 2019 sebesar Rp140 miliar dan pasca pandemi sebanyak Rp57 miliar. Semoga, capaian tersebut bisa kembali ke sebelum pandemi,” kata Sandiaga, sekaligus membuka ajang INACRAFT 2023.


Untuk tahun ini, INACRAFT mengusung Sulawesi Selatan sebagai ikon besar dengan tema The Authentic South Sulawesi. Ada lebih dari 500 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), baik itu yang tergabung dalam ASEPHI maupun yang berada dalam naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan.


“Suatu kebanggan bagi kami, bisa menjadi ikon INACRAFT 2023. Tahun lalu sebenarnya kami sudah bergabung dengan INACRAFT dan menjadi pemanasan, di mana booth kami menjadi yang terbaik di INACRAFT 2022. Dan tahun ini, kami membawa 24 kabupaten/kota untuk ikut ambil bagian di even terbesar se-Asia Tenggara ini,” kata Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dalam sambutannya pada Opening Ceremony INACRAFT 2023.


Menurut gubernur yang baru saja hadir di kegiatan jalan sehat anti mager Kabupaten Barru, ada 3 poin besar yang ingin disampaikan Pemprov Sulawesi Selatan dalam event bertaraf internasional ini. Pertama, mencoba mengembalikan kejayaan Sulawesi Selatan, salah satunya lewat kerajinan sutera.


Kemudian, budidaya murbei dan menunjukkan bahwa di Sulawesi Selatan sudah melakukan upgrading UMKM, dan ini ditunjukkan dengan sudah canggihnya mesin-mesin yang dipakai, yang salah satunya terkait dengan packaging atau kemasan 3 dimensi.


Bupati Barru Ir. Suardi Saleh, M.Si yang di temui di stand kabupaten Barru berpesan dengan semangat Bangga Buatan Indonesia, kita lakukan gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan garap semua potensi lapangan usaha (gaspol) untuk memulihkan perekenomian di Indonesia dan Kabupaten Barru secara khusus seperti yang diungkapkan oleh Menparekraf.

(Humas IKP/Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama