Kegotongroyongan Mengokohkan Keutuhan NKRI



Penulis: Badar Subur

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran serta masyarakat menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong dalam pelaksanaaan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

Hal itu dikemukakan Wakil Walikotamadya Jakarta Selatan DR. Sadoni SH, M.Si ketika membuka acara ”Peringatan Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Kotamadya Jakarta Selatan” di Kelurahan Ragunan Jaksel, Kamis (29/6).

Pada kegiatan tersebut Wakil Walikota Jakarta Selatan didampingi oleh Camat Pasar Minggu Drs. Ahmad Sotar Harahap.

Diingatkan oleh Wakil Walikota, terkait dengan itu, untuk memperkuat integrasi bangsa dan memperkokoh keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pelestarian nilai-nilai gotong royong yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat, kita perlu menggelorakan kembali semangat kegotongroyopngan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan melalui Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.

Dia menambahkan, beberapa hari yang lalu Kotamadya Jaksel telah memperoleh Anugerah Adipura ke-3 tingkat nasional dalam program Bangun Praja, keberhasilan Kotamadya ini bukan sesuatu yang datang begitu saja, tetapi merupakan hasil kerja keras dan keterpaduan pemerintah Kotamadya Jaksel.

‘’Semoga keberhasilan ini dapat memotivasi wilayah lain di DKI Jakarta untuk memperoleh di masa mendatang,”harapnya.

Dikemukakannya, adanya berbagai lembaga kemasyarakatan yang telah terbentuk dan berkembang di Kelurahan mulai dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), PKK, Karang Taruna, RT/RW, Majlis Ta’lim hingga Dewan Kelurahan merupakan wadah sekaligus potensi kegotongroyongan dan keswadayaaan masyarakat di kelurahan yang perlu diefektikan untuk pembangunan.

Untuk lebih meningkatkan efektivitas fungsi dan lembaga-lembaga kemasyarakatan tersebut, pembinaan dan fasilitas dari pemerintah khususnya camat dan Lurah tetap dibutuhkan.

‘’Saya minta agar semua Badan/Dinas/Biro/Kantor Instansi yang mempunyai kegiatan di Kelurahan supaya turut membina dan memberdayakan lembaga-lembaga kemasyarakatan, sesuai bidang tugasnya masing-masingdengan terus memberikan dorongan agar prakarsa dan swadaya masyarakat menjadi kuat dalam segalan aspek kehidupan dan penghidupan yang pada akhirnya akan menjadi dasar dari ketahanan nasional,’’katanya..

Sementara itu Kepala BPM Jaksel melaporkan, pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ini terbagi atas empat bidang kegiatan, yaitu bidang kemasyarakatan, Ekonomi, Sosial Budaya dan Agama, dan Bidang Lingkungan.


Keterangan Foto: Wakil Walikotamadya Jakarta Selatan DR. Sadoni SH, M.Si ketika membuka acara ”Peringatan Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Kotamadya Jakarta Selatan” di Kelurahan Ragunan Jaksel didampingi Camat Pasar Minggu Drs. Ahmad Sotar Harahap.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama