Polres Muara Enim Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi Tahun 2019


MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Polres Muara Enim dinobatkan sebagai Wilayah Bebas korupsi (WBK) tahun 2019, dari Kementrian PAN - RB. Penghargaan itu sebagai wujud komitmen Polres Muara Enim membangun zona integritas dengan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap publik.

Penghargaan diterima Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono di Bhirawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Polres Muara Enim juga telah meraih penghargaan Pelayanan Publik dengan nilai B (baik) tiga minggu sebelumnya.

Ada enam komponen yang menjadi pertimbangan penilaian untuk mendapatkan predikat WBK dari Kemenpan RB, yakni manajemen perubahan, penataan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dua komponen lain sebagai penilaian tambahan adalah indeks persepsi antikorupsi dan indeks persepsi pelayanan publik.


Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahko Kumolo yang menyerahkan penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) kepada 15 kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian dan pemerintah daerah.

Instansi yang menerima penghargaan tersebut adalah Kejaksaan Agung RI, Mahkamah Agung, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian ATR, Kementerian Agama, BPOM, Kemendikbud dan Kepolisian sebanyak 42 unit kerja seluruh Indonesia.

Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono, Kamis (12/12/2019), menyatakan, Polres Muara Enim sudah membangun zona integritas (ZI) sejak tahun 2018 dan mulai dilaksanakan pencanangan di awal tahun 2019 dengan membenahi unit area pelayanan publik. "Penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Muara Enim," ujar Afner.

"Polres Muara Enim terus berupaya meningkatkan pelayanan publik yang berintegritas dan antikorupsi, berkualitas dan berkinerja tinggi dalam meningkatkan public trust kepada Kepolisian,” tambahnya. 

Alumni Akpol 2000 ini menambahkan, berbagai inovasi unggulan Polres Muara Enim yang mendukung diraihnya predikat WBK antara lain program SIM 0nline, SKCK Online, SAMSAT Online, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Aplikasi SERASAN (Sistem Informasi dan Pelayanan), PATEN MAS (Polisi Ada Ditengah Masyarakat), LUPIS (Latihan Uji Praktek dan teori SIM), Subuh Sehat, Timsus TRISULA (Trengginas, Ulet dan Handal), BAPAKADES (Bhabin penyuluhan Kamtibmas di Desa dan Sekolah), BARAKALLAH (Bhayangkara bersedekah karena Allah), NOBAR POLMAS (Ngobrol bareng Polisi dan Masyarakat) serta berbagai program-program lainnya. (Agus v)

1 Komentar

  1. Hmm, kemaren ditawari nembak SIM 550 kok di sana (kalah murah dengan kabupaten sebelah yang cuma 450)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama