Cetak Wirausaha IKM, Pemkab Purwakarta Gelar Pelatihan Membuat Aneka Kue Dan Roti

PURWAKARTA (wartamerdeka.info) - Untuk meningkatkan kesehjahtraan masyarakat  serta memacu geliat pertumbuhan ekonomi agar stabil dan terus membaik ditengah Pandemi yang masih belum berakhir, Pemkab Purwakarta melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) menggelar pelatihan untuk menciptakan pekerja dan wirausahawan baru dalam industri kecil menengah.

Hal ini, sebagai upaya memberikan kemampuan kepada masyarakat dengan berbagai keterampilan sebagai bekal untuk bekerja dan berwirausaha.

Adapun landasan munculnya program-program Pemkab Purwakarta tersebut, sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan pengangguran serta pengembangan ekonomi masyarakat di tengah situasi Pandemi Covid - 19

Bupati Purwakarta, Hj.Anne Ratna Mustika yang hadir langsung sekaligus membuka acara Pelatihan membuat Aneka Kue dan Bakery di Rumah Anyelir Bakery, Jalan Ibrahim Singadilaga, Purwakarta, Rabu (22/12/2021) mengatakan, salah satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan yang dihadapi oleh setiap Daerah adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. 

Kedua sektor ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

"Dan upaya yang dilakukan Pemkab dalam rangka untuk menanggulanginya, salah satunya adalah melalui pelatihan seperti ini, pembuatan aneka kue dan bakery, kegiatan ini juga dalam rangka memaksimalkan berkembangnya industri kecil dan menengah IKM dan UKM di Kabupaten Purwakarta," kata Anne.

Lebih jauh lagi Bupati Anne menuturkan, kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan atau sebagai kekurangan kemampuan (lack of competency) dan keterampilan (skills) untuk bekerja dan mencari nafkah untuk mencukupi kehidupannya.

Menyikapi hal ini, program pendidikan kecakapan hidup (life skills education) terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan seperti sekarang ini menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran.

"Pemda Purwakarta akan selalu berupaya menganggarkan APBD untuk peningkatan wirausaha baru di bidang perindustrian atau produksi untuk masyarakat, sehingga industri kecil menegah di Kabupaten Purwakarta dapat terus berkembang," tutur Bupati Anne.

Bupati Anne juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti Pelatihan Aneka Kue dan Bakery ini dengan sungguh-sungguh, karena diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat lebih berkembang dalam pembentukan ketrampilan atau praktek (skill), yang kelak akan menjadi embrio tumbuhnya Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Purwakarta.

Bupati mengapresiasi kepada Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) atas penyelenggaraan pelatihan aneka kue dan bakery ini.

Diharapkannya, kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik sebagaimana mestinya 

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, Dra. Hj. Karliati Juanda, MM, menambahkan, jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 240 orang secara online, dan yang memenuhi syarat hanya 50 orang pendaftar saja.

"Kami juga menghaturkan terimakasih kepada semua pihak sehingga kegiatan pelatihan ini berjalan dengan baik,semoga kedepan akan ada UKM, IKM baru yang akan membangkitkan ekonomi dalam situasi pandemi," pungkas Karliati.(A.Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama