Unik, Di SMKN 1 Tapalang Barat, Ada Siswa Yang Mengerjakan Ujian Sekolah Di Atas Pohon


MAMUJU (wartamerdeka.info) - Sejumlah Peserta Didik kelas XII SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengikuti Ujian Sekolah tahun ajaran 2022/2023, mulai Senin, 27 Maret 2023. 


Ujian Sekolah dengan Moda Daring Berbasis Komputer berlangsung di 3 (tiga) ruang smart class dan diawasi oleh 2 orang Pengawas Ruangan.


Ada yang unik dan menarik bahkan menjadi tontonan warga masyarakat yang lalu lalang di jalan Pasa'bu depan sekolah, mereka  menyaksikan langsung Ujian Sekolah 2023 ini. 


Hari I dilangsungkan di Ruang Kelas dengan menggunakan PONSEL Peserta Ujian dan difasilitasi Modem Wifi milik Sekolah serta dengan Aplikasi Google Form, namun tidak semua peserta bisa mengakses jaringan.


Ada beberapa peserta ujian izin keluar ruangan untuk panjat pohon langsat/duku yang saat ini tidak musim di sudut sekolah, mereka berteriak histeris dapat signal yang tinggi di atas pohon. Ada pula sejumlah peserta ujian yang duduk santai di bawahnya, juga dapat signal yang cukup.


Hari II, Selasa 28 Maret 2023, Proktor dan Panitia diundang Kepala Sekolah untuk DISKUSI di ruangannya.


Hasilnya disepakati untuk mencoba melanjutkan penyelenggaraan SIMULASI Ujian Sekolah  pada Rabu ini, 29 Maret 2023 di lokasi yang representatif akses signalnya. 


Mengingat pengalaman Tahun 2022 lalu di tempat ini juga dilangsungkan SIMULASI ANBK dan SUKSES. Lokasinya dengan radius 100 Meter depan sekolah yaitu Mesjid "Hubbul Watan" Dusun Pasa'bu di Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju. 


Pengawas Ruang sebanyak 6 orang yang nantinya bertugas sebagai Pengawas Ruang untuk silang di Sekolah lain, diarahkan mengawasi proses SIMULASI.


Alhamdulillah, SIMULASI Ujian Sekolah 2023 ini berlangsung Lancar, Tertib, Aman dan SUKSES.


Kepala SMKN 1 Tapalang Barat,  Drs. Sjahrir Tamsi  M.Pd.  mengatakan bahwa Peserta Didik yang mengikuti SIMULASI Ujian Sekolah 2023 ini, didampingi Proktor yang Excellent yakni Jusran Yasin, S Kom. dan Koordinator Pelaksana Ujian Sekolah 2023, Parlan, S.Pd. bersama anggota lainnya (Peserta Guru dan Peserta Staf TU).


Dikatakannya bahwa Ujian Sekolah Tahun 2023 ini sebagai langkah awal menuju Sekolah Modern Untuk Masa Depan Cemerlang. 


Betapa tidak, karena selama ini Ujian Sekolah dilaksanakan dengan berbasis kertas. 


Kini sudah mencoba dengan Moda Daring  yang Berbasis Komputer. 


Hal ini menunjukkan progres yang signifikan dan luar biasa pencapaian selama dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini. 


Sistem lama dengan berbasis kertas sudah mulai kita tinggalkan seiring dengan kemajuan jaman dan perkembangan Informasi dan Komunikasi. Didukung dengan Media Pembelajaran dan Peralatan Praktik Kejuruan yang cukup representatif dan Kompetensi Guru yang unggul ditambah lagi dengan adanya Program Keahlian yang dibina di SMKN1 TapalangBarat :


1. Teknik Komputer dan  Jaringan (TKJ), 

2. Multimedia

3. Teknik Audio Video dan

4. Teknik dan Bisnis  Sepeda Motor (TBSM).


Ditambahkan pula bahwa, bila Ujian Sekolah Tahun 2023 ini dilaksanakan dengan Moda Daring Berbasis Komputer, maka Penilaian akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) kedepannya juga  dapat dipastikan menggunakan Moda Daring Berbasis Komputer.


Inilah terobosan untuk mendobrak Pola Pikir dan Pola Perilaku yang selama ini sangat konservatif. Semua ini dilakukan dalam dalam rangka mewujudkan SMKN 1 Tapalang menuju : 

1. SMK Program   Keunggulan (SMK-PK);

2. SMK BLUD;

3. SMK IKM, Mandiri   Berubah atau Berbagi;

4. Perubahan Nomenklatur  Sekolah menjadi, SMKN 4 Mamuju,

    Bidang Keahlian : 

     # Kemaritiman, 

     # Pariwisata

5. Sekolah Modern Untuk Masa Depan Cemerlang


Kepala SMKN 1 Tapalang Barat berharap semoga Pelaksanaan Ujian Sekolah yang sesungguhnya pada tanggal, 03 April 2023 hingga penghabisan 11 April 2023 nanti, juga dapat berlangsung dengan lancar, tertib, aman dan SUKSES.

(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama