Presiden Joko Widodo Buka Muktamar Sufi Internasional


PEKALONGAN (wartamerdeka.info) - Rangkaian kegiatan Multaqo Sufi Al-Alamy diselenggarakan di Kota Pekalongan berlangsung mulai 29–31 Agustus 2023. Kegiatan Muktamar Sufi Internasional tersebut dibuka secara langsung oleh Presiden Ir.Joko Widodo di Sahid International Convention Center Pekalongan, Selasa (29/8/2023).

Muktamar juga dihadiri Ketua Forum Sufi Dunia, Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, 73 Sufi mancanegara dari perwakilan 38 negara di seluruh dunia dan 1000 ulama dan tokoh nasional, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Pol Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, Bupati dan Walikota, Kapolres dan pejabat TNI se-eks karesidenan Pekalongan,.

Dalam sambutan pembukaan, Presiden Jokowi menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 yang digelar di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sangat penting bagi Indonesia. Menurutnya, muktamar ini akan membuat Indonesia semakin dikenal sebagai contoh Islam moderat, yang akan meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia, dan membuat Indonesia semakin diperhitungkan.

"Kegiatan muktamar Sufi ini menjadi sebuah kegiatan yang bagus, dimana bisa meningkatkan keimanan yang diwujudkan dalam upaya menjaga alam, menjaga negara, menghormati kemanusiaan. Saya kira sangat baik dan isu-isu yang dibahas dalam forum ini sangat kontemporer seperti ekonomi berkelanjutan, energi, dan sebagainya. Melalui kegiatan ini, membuat Indonesia menjadi contoh negara Islam yang moderat," terangnya.


Kegiatan ini semakin menegaskan pidato kenegaraan Presiden RI beberapa waktu lalu, bahwa kepercayaan dunia Internasional kepada Indonesia akan menjadi modal penting bagi posisi negara Indonesia yang sejajar dengan negara-negara besar lain di dunia.

Pada sambutannya disampaikan juga, Muktamar Sufi Internasional mempunyai arti yang sangat penting, yang membuktikan bahwa Islam Indonesia bukan berada di pinggiran. Akan tetapi, Islam  Indonesia mempunyai peran sangat strategis dalam berkontribusi membangun peradaban dunia yang damai dan harmonis, dan Muktamar Dunia ini mengimplementasi dan mendekatkan nilai-nilai luhur melalui tasawuf, dan thoriqoh, kepada negara masing-masing.


Karena menurut Jokowi, nilai-nilai luhur budaya nusantara seperti saling menghargai, ramah tamah, sopan santun, guyub, serta kearifan-kearifan bangsa lainnya akan mewarnai sepenuhnya Muktamar Sufi Internasional ini. 

 “Mari kita terus merawat kerukunan, merawat toleransi, menolak ujaran kebencian, menolak fitnah dan hoax, terus berdzikir dan mendoakan persatuan dan keselamatan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Muktamar, Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan RI melaporkan bahwa Muktamar Internasional yang dihadiri 73 sufi mancanegara dari 38 perwakilan  negara di seluruh dunia ini akan berlangsung mulai 29 sampai 31 Agustus 2023.

Prabowo menyampaikan, ucapkan terima kasih kepada Presiden RI beserta Ibu Iriana yang berkenan hadir untuk membuka acara World Sufi Assembly (WSA) Conference Tahun 2023. Seraya dijelaskan, Indonesia merasa sangat beruntung karena memiliki dua tokoh yang dihormati di seluruh dunia, yang masuk dalam daftar 500 muslim yang berpengaruh di dunia yaitu Presiden RI Joko Widodo dan Maulana Habib Luthfi Bin Yahya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama