Bersih Dusun Tradisi Mempererat Kerukunan Antar Warga Dusun Tamboh


D
usun Tamboh Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu Kota Batu.gelar seni budaya Wayang Kulit, bersama Ki Gondo Buono dengan lakon Wahyu Purbo Kayun berlangsung meriah, pada Rabu (1/11/2023). 

Kegiatan bersih Dusun Tamboh sekaligus merayakan Hari Jadi Kelurahan Songgokerto ke 192, menjadi momentum yang tepat untuk nguri-uri seni dan budaya daerah. Lingkungan Dusun Tamboh kompak menyemarakkan agenda bersih dusun yang menjadi salah satu tradisi lokal di tanah Jawa.


Hal itu pun di sebut positif, kegiatan bersih dusun menjadi momentum yang tepat untuk membangkitkan eksistensi Budaya dan Kebudayan Daerah Rabu (1/11/2023) bersih dusun menjadi salah satu kegiatan yang kental akan budaya, sebab didalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang  menjujung tinggi nilai leluhur dan adat istiadat.

Sebagian selamatan untuk berdoa kepada leluhur yang dilakukan dengan cara berbeda-beda, sebagai tradisi di setiap dusun ditambahkan lagi dengan adanya kesenian daerah seperti Wayang Kuli yang disuguhkan sebagai hiburan warga.


Kegiatan ini di hadiri salah satu pejabat Kelurahan Songgokerto, Heri Kesra (Heri) yang mengapresiasi  warga Tamboh yang penuh kebersamaan dan kerukunan semakin kuat.

Ketua Panitia bersih dusun sekaligus Ketua Rw 06, Ali menjelaskan, begitu pentingnya bersih dusun untuk memohon do'a kepada Allah SWT agar di jauhkan dari bala. Ali juga menambahkan, bersih dusun nguri-uri budaya leluhur tidak hanya dilakukan agar tetapi di juga pratekan dalam kehidupan sehari-hari. Bayak pesan-pesan leluhur yang harus dijaga dan di lakukan.

"Kegiatan bersih dusun ini juga bayak manfaatnya, dapat mepersatukan warga dan juga membawa (UMKM) mendapatkan rizky yang barokah," ujarnya (hari)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama