Apresiasi Untuk Prof. Zudan Arif Fakrullah Atas Torehan Kinerjanya di Provinsi Sulbar

 

Tokoh Pendidik Sulbar, Sjahrir Tamsi bersama Pj. Gubernur, Prof. Zudan Arif Fakrulloh


Oleh : Sjahrir Tamsi

Apresiasi kepada Pj. Gubernur Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, SH.,MH., yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya, Kreatif dan Inovatif serta Energik dan Gas Full sehingga Provinsi Sulbar Maju Terus dengan Progres Signifikan.

Apresiasi itu, berupa sebuah Lagu Mars Berjudul :
"Sulbar Maju Terus"

Sudah lama Sulbar dambahkan
Figur Pejabat Cerdas dan Tulus
Zudan Arif Fakrullah ditakdirkan (Didepan)
Menjadikan Sulbar Maju Terus
Sulbar Malaqbi bergerak Maju
Unggul, Sejahtera niscaya Maju
Maju Terus kawal Indonesia Maju
Program fokus Empat Plus Satu
Zudan Arif Fakrullah kita bersatu
Empat Plus Satu kita tuntaskan
Provinsi Sulbar Teruslah Maju
Maju menjadi  Penyangga IKN Terus Melaju Indonesia Maju
Sulbar... Maju Terus...

Lirik/Syair : Sjahrir Tamsi, salah seorang Tokoh Pendidik Sulbar dari 20 orang Tokoh Nasional Penerima Penghargaan dalam kategori "Tokoh Pendidik Yang Penuh Inovasi Dalam Upaya Memajukan Dunia Pendidikan Kejuruan", di Hotel Orchardz Jayakarta, Kota Jakarta tahun 2023 lalu.

Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, S.H., M.H adalah Pejabat Gubernur Sulawesi Barat sejak 12 Mei 2023 dan sebelumnya Sekretaris Utama Badan Nasional Pengelola Perbatasan pada 15 Maret 2023.

Apresiasi Untuk Prof. Zudan Arif Fakrullah Atas Torehan Kinerjanya di Provinsi Sulbar

Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, selama 11 bulan sebagai Pj. Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, telah menorehkan sejumlah Prestasi dan puluhan Penghargaan  berbagai bidang dari Lembaga berskala Nasional diantaranya ; Transformatif Pembelajaran, Perencanaan Berbasis Data, Implementasi Kurikulum Merdeka Mengajar, Program Sekolah Penggerak. Penghargaan diserahkan langsung Mendikbud Ristek RI, Nadiem Makarim; kemudian, Penghargaan Indonesian Awards dari Inews Media Group kategori Excellent Awards for Strategic Initiative “Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan di Inews Tower; 

berikutnya, Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kepada Pemprov Sulbar sebagai Pemerintah Daerah yang telah berhasil menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik melalui APlikasi Srikandi pada seluruh OPD di Surakarta; 

Ada juga Penghargaan sebagai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Terbaik II Wilayah Sulawesi; Penghargaan dari Direktur Utama LARS DHP dr. R. Heru Ariyadi, atas pemenuhan Standar Layanan Kesehatan;
Penghargaan atas percepatan pengembangan kawasan transmigrasi Sulbar dari Kemendes PDTT RI; Penghargaan dari Kementrian Kominfo sebagai instansi terbaik kedua dalam pemanfaatan Srikandi tingkat Pemerintah Provinsi; 

Selain itu juga, Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional diberikan atas peran Prof. Zudan dalam mendorong pelaksanaan Proklim di tingkat tapak, dengan serangkaian kegiatan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim serta peningkatan kapasitas kelembagaan pelaksana Proklim di seluruh kabupaten se-Prov. Sulbar; Penghargaan Insentif fiskal pengendalian inflasi daerah; Penghargaan sebagai KIM Inspiratif saat Kim Festival di Surabaya; Penghargaan sebagai salah satu Provinsi dengan kinerja penurunan kemiskinan ekstrim tercepat di Pulau Sulawesi, sesuai data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS); 

Capaian Prestasi lainnya, Sulbar menerima insentif fiskal atas pengendalian inflasi di Indonesia, disisi Kebudayaan tiga warisan budaya Sulbar mendapat Sertifikasi. Untuk bidang olahraga, yaitu dua cabor seperti Pertina dan Futsal berhasil mendapatkan tiket menuju PON Aceh-Sumatera, saat ini tercatat sekira 10 Cabor lolos Pra PON 2024 dan Penghargaan Penurunan Stunting terbaik ketiga di Indonesia 2024.

Karena itu, Prof. Zudan sejatinya diberi peluang dan kesempatan untuk melanjutkan kepemimpinan sebagai Pj. Gubernur Sulbar Malaqbi ke depan hingga ada penetapan Gubernur Defenitif hasil PILKADA 2024 ini. Dengan pertimbangan, Prof. Zudan telah berhasil menorehkan sejumlah Prestasi dan memperoleh puluhan Penghargaan tingkat Nasional sebagaimana tersebut di atas. Prestasi dan Penghargaan yang sangat membanggakan bagi warga masyarakat Sulbar dan patut diacungi jempol serta representatif Provinsi Sulawesi Barat yang Maju Terus.

Apresiasi selanjutnya :  "Selaku Pendidik masih sangat berharap banyak kepada Prof. Zudan untuk dapat melanjutkan pembangunan di Prov. Sulbar Malaqbi ini, karena tidak ada figur Pj. Gubernur yang persis seperti Beliau sekarang ini". Begitu pula Program Strategis 4+1 Pemda Provinsi Sulbar yang digagas oleh Prof. Zudan tahun 2023 lalu, semoga bisa segera Tuntas. 

Satu diantaranya adalah Penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS). Pasalnya Sejumlah Kepala Sekolah (SMA, SMK dan SLB) binaan Pemprov. Sulbar Siap Pasang Badan menyamakan Frekuensi dan Cipta Kondisi untuk terjun ke lapangan door to door, naik dan turun gunung menyusuri lika liku medan jalan untuk menyambangi rumah warga di setiap Dusun dalam rangka melakukan Rekomfirmasi Data ATS dengan harapan agar Penanganan ATS di Provinsi Sulawesi Barat ini segera Tuntas.

Kini Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta segenap unsur yang ada di Satuan Pendidikan (SMA, SMK  dan SLB) telah merasakan nikmatnya sebagai bagian dari Aparatur Pemda Prov. Sulbar. Pasalnya, sejak Pj. Gubernur, Prof. Zudan hadir di Provinsi Sulawesi Barat yang Malaqbi ini,  Aparatur Daerah Provinsi Sulawesi Barat merasa bangga serta bahagia dan yang pasti seluruh elemen masyarakat pun turut merasakannya. 

Beberapa diantaranya : Gaji Rutin Semua ASN Guru dan Pegawai Sekolah sudah bisa diterima setiap tanggal 1 bulan berjalan. Diketahui selama ini belum pernah terjadi, begitu pula Tunjangan Profesi Guru (TPG) selalu tepat waktu pencairannya. Termasuk Dana BOS, Sejarah pun mencatatnya hampir 2 dekade selalu telat pencairannya. Namun kini Dana BOS Tahap I dapat cair diawal Tahun Anggaran yaitu di  bulan Januari 2024 ini.

Sementara itu tanggapan dan apresiasi juga disampaikan Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat, H. Anshar Hasanuddin, SE. MM., bahwa setelah mengamati kinerja Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan selama bertugas di Provinsi Sulbar ini :  Saya berpendapat segala kebijakan yang telah dilakukan sudah on the track sehingga program prioritas yang dirumuskan khususnya bidang pendidikan hasilnya dapat dirasakan segenap lapisan masyarakat Sulawesi Barat yang Malaqbi ini.

Demikian pula tanggapan dan apresiasi dari Ketua MKKS-SMK Kabupaten Mamuju, Drs. Makhmudi : "Sebagai warga masyarakat (ASN, Tokoh Pendidik dan Tokoh Masyarakat), kami sangat merasakan kehadiran Pj. Gubernur, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, SH. MH., Beliau selalu membangun komunikasi dan merangkul semua elemen masyarakat. 

Kehadirannya juga banyak membawa perubahan yang signifikan, dengan kebijakan dan keputusan yang memihak kepada masyarakat, khususnya kaum Pendidik dan Tenaga Kependidikan di semua jenjang Satuan Pendidikan. Sejumlah Prestasi ditorehkan dan puluhan penghargaan tingkat Nasional pun diraih sebagai representatif Provinsi Sulawesi Barat yang Maju Terus menjadi Provinsi Penyangga IKN.

Referensi  :
1. Inza Maliana : Profil Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah, Sosoknya Viral saat Jawab Foto e-KTP Bisa Diganti. tribunnews.com. 2021;
2. Sjahrir Tamsi : Prof. Zudan, Besok Dilantik Jadi Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Ini Harapan Tokoh Pendidikan Di Sulbar, Wartamerdeka.Info. 2023;
3. Sjahrir Tamsi : Beragam Komentar, Apresiasi Dan Kritik Terhadap Langkah Pj. Gubernur Sulbar, Wartamerdeka.Info.  2023;
4. Zudan Arif Fakrullah : Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. id.m.wikipedia.com. 2024.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama