RAT KUD Minatani XLIII (3) Menambah Alat Kelengkapan Lembaga, Bertekad Kedepan Lebih Baik

 
Ada yang menarik saat RAT KUD Minatani XLIII, selain merencanakan langkah pengembangan usaha, dengan menambah unit baru atau memantapkan unit unit yang sudah ada sehingga ke depan setiap unit bisa memberi peningkatan kontribusi sisa hasil usaha, juga bisa saja dengan cara lain, misalnya membentuk badan usaha baru, yang merupakan bagian dari badan usaha milik lembaga Minatani. 

Upaya pengembangan yang dipilih merupakan langkah tepat bagi sebuah lembaga usaha setidaknya untuk meningkatkan kemampuan teknis dan konseptual sesuai kebutuhan lembaga baik melalui pendidikan ataupun pelatihan.

Secara umum tujuan pengembangan usaha adalah untuk menghasilkan keuntungan melalui pendirian usaha untuk memanfaatkan pasar dan peluang usaha, serta menciptakan lapangan kerja (Central Otago District Center, 2013:5).

Dan tampaknya rencana mendirikan sebuah badan usaha, dalam bentuk perseroan terbatas akan menjadi tidak sekedar wacana.
Selain pendirian badan usaha baru, KUD Minatani juga akan menambah alat kelengkapan lembaga, yakni divisi/biro hukum dan pengembangan & penelitian ( Research and Development ). 

Bisa ditebak, dua alat kelengkapan lembaga ini, tidak lain untuk memperkuat pilar kelembagaan dan pengembangan usaha di tengah perubahan yang kadang tidak dapat diprediksi. Keberadaan biro hukum bisa jadi akan memperkuat lembaga sekaligus memberi kontribusi dalam banyak hal, yang berkaitan dengan konsultasi dan langkah langkah hukum yang mungkin akan dilakukan, atau setidaknya untuk membantu lembaga ketika menghadapi persoalan hukum. 

Selain biro hukum, juga sekaligus biro litbang, penelitian dan pengembangan juga berpeluang akan dibentuk. Divisi atau biro ini, setidaknya bertujuan untuk memberi masukan positif terkait arah pengembangan usaha atau masukan masukan penting yang bisa menjadi pertimbangan bagi pengurus sebelum melangkah dan memutuskan suatu kebijakan strategis, baik pada kebijakan pengembangan usaha maupun pada arah perencanaan, misalnya kesejahteraan anggota. 

Mengapa ini penting? sebab, setidaknya Penelitian Pengembangan atau Research and Development akan mampu menghasilkan suatu produk atau model yang memiliki nilai validasi tinggi, karena produk tersebut dihasilkan melalui serangkaian uji coba di lapangan dan divalidasi oleh suatu tim.

Selain itu, diharapkan adanya divisi ini, bisa memberi wawasan untuk karyawan, bahkan mengembangkan produk atau layanan baru, sehingga ke depan, kebijakan pengurus senantiasa memiliki kalkulasi tepat dan terarah. (Bersambung)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama