Bupati Buka Musrenbang Penyusunan Dokumen RPJPD Kabupaten Barru 2025-2045

 Barru, wartamerdeka.info, - Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Dokumen RPJPD  Kabupaten Barru Tahun 2025-2045 dilantai 6 MPP Kantor Bupati, Rabu (15/5/2024).

Dalam sambutannya Suardi Saleh mengatakan, penyusunan Dokumen RPJPD ini telah melalui beberapa tahapan diantaranya Konsultasi Publik, Pembahasan Bersama DPRD Kabupaten Barru dan Fasilitasi oleh Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, serta perumusan dan analisis oleh Tim Penyusun bersama Tenaga Ahli Perencanaan.
Bupati menjelaskan rumusan visi “Kabupaten Barru Maju Berkelanjutan Berbasis ekonomi Biru” yang harus mengacu dan selaras dengan Rancangan Akhir Rencana RPJPN dan Dokumen Rancangan Akhir RPJPD Provinsi Sul-Sel.

Dikatakan, kata Maju disamping merupakan kata wajib yang harus termuat dalam visi sesuai pedoman penyusunan RPJPD juga menjadi harapan bagaimana Kab.Barru ekonominya dapat mencapai posisi kelompok sepuluh besar di Sulsel.

Selanjutnya kata wajib jelas Bupati Barru adalah Berkelanjutan, bahwa hingga 20 tahun ke depan diharapkan dapat berkomitmen untuk terus menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dan terakhir Berbasis Ekonomi Biru, dijelaskan bahwa hal ini muncul disamping sebagai salah satu arahan pembangunan nasional yang termuat dalam RPJPN dan RPJPD Provinsi SulSel juga menjadi karakteristik Kab. Barru, karena berdasarkan pemetaan indikator Ekonomi Biru, Kab.Barru memiliki peluang dan potensi yang cukup besar.

Bupati berharap, melalui visi ini akan dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, meningkatkan penyerapan tenaga kerja,  meningkatkan pendapatan daerah yang diharapkan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Suardi meminta adanya masukan dan saran dari para peserta guna mempertajam arah pembangunan Kab.Barru 20 tahun ke depan.

"Dokumen RPJPD juga akan menjadi rujukan bagi para calon kepala daerah tahun 2024 dalam menyusun formulasi visi, misi dan program prioritas yang akan tertuang dalam Dokumen RPJMD 2025-2029 bagian periode RPJPD Kab.Barru Tahun 2025-2045 " pungkas Suardi Saleh. 

Turut hadir yang mewaklii Pj.Gubernur Sulsel, Ketua Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kab. Barru,Kepala Bappelitbangda Provinsi Sul-Sel, Narasumber Ahli, Dr.Agussalim,M.Si, Unsur Forkopimda Kab.Barru, Bupati Kab/Kota Tetangga, Plt.Kepala Bappelitbangda Kab.Barru, para Staf Ahli,Asisten dan Pimpinan OPD Kab.Barru, kepala unit kerja instansi vertical dan Provinsi Sul-Sel,para Kabag Setda Baru,  para Camat se Kab.Barru,Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh Pendidikan, tokoh perempuan, akademisi, Perbankan, BUMN, BUMD,Organisasi Profesi BAZNAS, LSM, Wartawan, NGO (Usaid Tangguh, Usaid Erat). (Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama