Awal Tahun, Kepala Bakamla RI Courtesy Call ke Kementerian Luar Negeri


JAKARTA  (wartamerdeka.info)  - Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia Laksdya Bakamla A. Taufiq R. melakukan Courtesy Call ke  Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia di Jl. Taman Pejambon No. 6 Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2019).

Kedatangan Kepala Bakamla RI disambut hangat oleh Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi yang didampingi oleh Direktur Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Menteri Luar Negeri Beben Abdul Kurnia Nugraha Djundjunan.

Maksud dan tujuan dilakukannya pertemuan ini sebagai silahturahmi dan melaporkan hasil kunjungan Kepala Bakamla ke tiga negara yaitu India, Malaysia dan Vietnam.

Dalam laporannya Kepala Bakamla menyampaikan hasil kenjungan ke India Coast Guard membahas dan menyepakati 7 pokok bahasan diantaranya percepatan finalisasi Memorandum of Understanding (MoU) Keamanan Maritim antara ICG dan Bakamla, partisipasi Bakamla dan ICG dalam patroli terkoordinasi India-Indonesia. 


Kemudian hasil kunjungan ke Malaysia menyepakati Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) dan Bakamla mengukuhkan kerjasama bidang operasi, pertukaran informasi dan investigasi bersama. 

Sedangkan hasil kunjungan ke Vietnam menyepakati penguatan kerjasama operational keamanan dan keselamatan laut dan pertukaran informasi Karena Indonesia dan Vietnam menghadapi ancaman keamanan yang sama.

Disimpulkan bahwa hasil pertemuan tiga negara tersebut menyepakati bahwa (1) Bakamla adalah Indonesia Coast Guard, (2) Tidak adanya miskalkulasi dilapangan yang dapat merugikan hubungan antar negara, (3) Indonesia menjadi kawasan regional yang aman, stabil dan netral.

Retno berpesan agar Bakamla tidak melakukan penegakan hukum di daerah operasi yang abu-abu cukup dilakukan pengusiran kemudian menjalin hubungan antar negara satuan operasional dilapangan dan supaya menjadi perhatikan khusus untuk Bakamla bahwa masih ada isu-isu penangkapan kapal-kapal asing dari negara tetangga seperti Vietnam dan Malaysia.

Turut mendampingi Kepala Bakamla  yaitu Kasubbag TU Kepala Bakamla Letkol Bakamla Ridwansyah dan Staf Administrasi Kepala Bakamla Mayor Bakamla Lisa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama