BREAKING NEWS

Bamsoet: Amandemen UUD 1945 Bisa Dilakukan jika Ada Konsensus Nasional

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir terkait rekomendasi MPR RI 2014-20...

Bupati Muara Enim Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP 200 Di Desa Tanjung Jati


MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Bupati Muara Enim H Ahmad Yani menghadiri panen raya padi sawah tadah hujan IP 200 Kelompok Tani  Sumber Harapan, Desa Tanjung Jati, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Rabu (10/07/2019).

Juga turut hadir Wakil Bupati Muara Enim, Dinas Pertanian, Anggota TNI Yonif 141 dan Rindam ll Sriwijaya, Camat Muara Enim serta rombongan serta turut hadir prangkat desa, BPD serta anggota, toko agama dan toko masyarakat Desa Tanjung Jati.

Bupati mengingatkan, salah satu ancaman di seluruh dunia saat ini adalah bahan pangan di mana populasi manusia semakin bertambah sedangkan lahan untuk menghasilkan bahan pangan terbatas. Negara kita sebagai konsumen beras terbesar tidak lepas dari ancaman kekurangan bahan pangan tersebut oleh karenanya pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian menargetkan peningkatan produksi padi nasional pada tahun 2019 sebesar 84 juta ton yang  sinergis dengan pemerintah provinsi dan kabupaten kota.

Pada tahun 2018 lalu produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar 173 900 ton gabah Kering panen dengan luas lahan sebanyak 38406 hektar dan produktivitas padi sebesar 45,8 kuintal per hektar.


Pada tahun 2019, target produksi padi sebesar 186,061 ton gabah Kering panen dengan sasaran panen 39,577 hektar dan produktivitas rata-rata 47,1 kuintal per hektar.

Menurut Bupati, target ini dapat dicapai tentu dengan upaya peningkatan produksi dan luas panen di antaranya melalui peningkatan indeks pertanaman IP dari  100 menjadi 200, intensifikadi pertanian, Ekstenfikasi pertanian, penggunaan benih padi unggul hibrida seluas 4000 hektar dan penggunaan pupuk dan herbisida seluas 2000 hektar.

"Dan pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Muara Enim  akan melaksanakan pengembangan padi Rawa melalui kegiatan serasi selamatkan Rawa sejahterakan petani seluas 2000 hektar di Kecamatan Muara Belida dan Sungai Rotan. Kedua, pengadaan aset mesin pertanian berupa hand traktor pompa air cultivator MU dan Power thresher. Serta pembangunan jalan usaha tani jaringan irigasi irigasi pompa dan Embung, pembangunan dan Rehab Balai Penyuluhan Pertanian program Asuransi usaha tani pertanian, juga bantuan benih unggul bermutu.

Dijelaskan Bupati  bahwa semua program pembangunan pertanian adalah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani. Hal tersebut sesuai dengan visi misi Bupati Muara Enim untuk rakyat.

Ditegaskan pula bahwa keberhasilan pembangunan pertanian tidak lepas dari kerjasama lintas sektoral dan stakeholder diantaranya perangkat daerah pihak perbankan dunia usaha dan unsur terkait lainnya peserta TNI yang tergabung dalam kegiatan upsus padi jagung kedelai.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim Bupati mengucapkan selamat kepada kelompok tani Sumber Harapan yang telah berhasil meningkatkan indeks pertanaman  200 dengan membuktikan dipanen pada hari ini.

Bupati juga berpesan agar kiranya kelompok tani dapat memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang telah diberikan kepada kelompok tani berupa hand traktor, power thresher combine harvester, Rice Transplanter, serta pompa air dengan tidak memonopoli penggunaannya.

Kemudian ditekankannya pula agar Desa Tanjung Jati Kecamatan Muara Enim yang telah berhasil meningkatkan indeks pertanaman 200-an seluas 150 hektar,  diikuti pula oleh desa Lubuk Empelas seluas 65,25 hektar dan Desa Muara Lawai seluas 100 hektar dengan jumlah 315,25 hektar jumlah luas hamparan sawah Lecah paye sebesar 600 hektar

Diharapkan agar kegiatan ini terus ditingkatkan pada musim tanam berikutnya dan dapat menginspirasi pengembangan pertanian metode IP 200 ke seluruh desa di kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim.

Kepala UPTD Kecamatan Muara Enim Lisma Dewi mengucapkan terima kasih terkhusus Desa Tanjung Jati dan sekitarnya.

"Selama ini petani menanam padi setahun sekali , sekarang masyarakat dalam satu tahun bisa paneb padi dua kali setahun." tegasnya.

Pada kesempatan itu, Sarjoni Plt kepala  Desa Tanjung Jati mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan rombongan serta dinas pertanian yang hadir dalam kegiatan panen raya.

"Semoga ke depannya  para petani di Desa kami semakin semangat bertani," ucap Sarjoni. (Agus V)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bupati Muara Enim Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP 200 Di Desa Tanjung Jati"

  1. Sukses semua para penyuluh pertanian dan pelaku usaha pertanian

    BalasHapus