BREAKING NEWS

Parpol Harus Memiliki Ideologi Pancasila Yang Jelas Agar Tidak Dikuasai Kepentingan Asing

Oleh: Bambang Soesatyo  (Ketua MPR-RI) Fenomena masuknya pemodal besar ke dalam partai politik bukanlah hal yang baru. Mereka kerap ma...

Disporaparbud Purwakarta Jadikan Kampung Tajur Sebagai Destinasi Wisata Desa

Inilah Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong yang dijadikan desa wisata.

PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  - Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) mengimplementasikan instruksi Kementerian  Pariwisata terkait Desa Wisata sebagai Destinasi wisata. Desa wisata ini direalisasikan oleh Pemkab Purwakarta di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Purwakarta, Irfan Suryana ketika mengunjungi Desa Wisata Kampung Tajur, Selasa (11/02/2020).

Kepada Awak Media, Irfan mengatakan, Desa wisata di Purwakarta baru ada satu titik, yakni di Kampung Tajur. Adapun pengunjung setiap minggunya tak kurang dari 50 orang atau untuk rombongan tak kurang dari 200 orang.


"Pengunjung yang datang berasal dari wilayah perkotaan dan bahkan ada yang datang dari Kabupaten lain,'' tutur Irfan.

Terkait apa saja kegiatan yang ada di Kampung Tajur sebagai Destinasti Wisata Desa, Irfan menjelaskan, banyak edukasi yang bermanfaat untuk dilakukan diantaranya, cara membajak sawah, menanam padi, menangkap ikan, hingga membuat gula aren.

Atau melihat langsung keseharian warga pribumi di desa setempat yang masih memegang teguh budaya adat.

"Rumah – rumahnya masih rumah panggung dan bilik. Cara memasaknya juga masih menggunakan tungku Hawu , yang bahan bakarnya dari kayu," jelas Irfan.

Untuk pengembangan Desa Wisata lainnya Disporaparbud Purwakarta kini tengah mengkaji usulan satu wilayah yang hendak dijadikan menjadi Desa wisata salah satunya di Desa yang berada di wilayah Kecamatan kiarapedes.

"Intinya Desa yang ingin masuk menjadi Desa wisata itu mesti menonjolkan kearifan lokal. Sehingga ini nantinya bisa memberikan sumber pendapatan ke masyarakat yang Pengelolaannya oleh Badan Usaha Milik Desa BUMDES," pungkas Irfan.(A.Budiman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disporaparbud Purwakarta Jadikan Kampung Tajur Sebagai Destinasi Wisata Desa"

Posting Komentar