Bupati Purwakarta Pimpin Musrenbang Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Video Converence


PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  - Dengan menerapkan standar prosedur pencegahan penyebaran Covid - 19 Pemkab Purwakarta melalui Bappeda menggelar Musrembang untuk menyusun Rencana Kerja Daerah tahun 2021. Kegiatan melalui Video Converence (vicon) ini dipimpin langsung Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika SE serta dihadiri kurang dari 50 orang pejabat terkait, di Gedung  Yudistira Pemkab yang mempunyai kapasitas 500 orang, Senin (23/3/2020).

Musrembang digelar merujuk pada undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 260 ayat 1 yang isinya, bahwa Pemda sesuai dengan kewenangannya menyusun rancangan pembangunannya sesuai dalam sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

Selanjutnya dalam ayat 2 ditegaskan bahwa pembangunan Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat 1 di sinergikan oleh perangkat Daerah yang membidangi perencanaan pembangunan daerah.

Berdasarkan ketentuan tersebut Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika menjelaskan, dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021 Pemkab berkewajiban untuk menyelaraskan prioritas pembangunan Daerah sedangkan Pemda berkewajiban menyelaraskan pembangunan Daerah tahun 2020 dengan prioritas sasaran pembangunan dalam RPJMD Provinsi dan RPJMN Tahun 2020-2024.

Selain itu Bupati juga mengapresiasi langkah panitia pelaksana yang memang sangat sulit untuk merevisi mengatur ulang jadwal kegiatan musrenbang ini, mengingat masalah teknis.

"Meski begitu kita melaksanakan kegiatan ini tidak serta merta mengesampingkan SOP pencegahan covid-19. Semua peserta yang hadir terutama yang diruangan ini kita batasi tidak lebih dari 50 orang. Yang lainnya mengikuti secara virtual melalui vicon yang sudah disediakan," tutur Bupati.

Bupati Anne merasa bangga bahwa Index Pembangunan Manusia (IPM) di Purwakarta meningkat 0, 13 poin dari yang ditagret kan 70, 40 poin pada 2019 lalu.

"Tahun 2020 IPM ditargetkan sebesar 71, 54 poin, untuk mencapai target tersebut maka pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian menjadi bagian terpenting," kata Anne.

Bupati Anne juga memaparkan, denada dengan tema kegiatan musrenbang kali ini, yaitu "Mengembangkan perekonomian yang berbasis unggulan Daerah dengan infrastruktur handal", pihaknya memprioritaskan 6 pembangunan yang sudah disusun mulai dari ekonomi kerakyatan, kesehatan, pendidikan dan lainnya.(A.Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama