Widget HTML Atas


Aparat Dan Masyarakat Biyonga Uji Coba Ramuan Penangkal Virus Corona


LIMBOTO (wartamerdeka.info) - Di tengah Pandemi virus Corona atau covid-19,  masyarakat dan aparat  Kelurahan Biyonga, kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo semangat membuat ramuan tradisional yang diyakini bisa jadi penangkal virus corona atau setidaknya bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Ramuan ini bahan-bahannya sangat mudah didapat karena berasal dari tanaman keluarga (TOGA), seperti Jahe, kencur, lempuyang, temulawak, dan kayu manis.

Lurah Biyonga Idris Nasaru SIP saat disambangi di kantornya menjelaskan,  saat ini masyarakat bersama aparatnya melakukan uji coba ramuan penagkal corona. Bahkan dalam tahap pengujian itu, mereka sudah memeberi nama ramuan  JJC 19 (JUS JAMU COVID 19).

“Alasannya memberi nama itu karena memang saat ini kita dihadapkan dengan bencana alam yakni virus corona atau covid-19. Kita identikkan dengan nama itu, ramuan ini akan dibuat jus yang dipercaya untuk meningkatkan stamina serta imun tubuh,” jelas Idris, Rabu (15/04/2020).

Alumnus Universitas Gorontalo Fakultas Sospol itu menambahkan, ramuan ini pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat atas nama Sutarjo Abdul. “Beliau, (Sutarjo-Red), masyarakat kami yang juga membidangi ilmu pertanian sehingga lewat gerakan solidaritas melawan covid-19, ramuan ini sudah mulai tahap pengujian,” ungkap Idris.

Pada prinsipnya ramuan yang dikemas dalam Jus ini untuk kekebalan dan penambah stamina tubuh sehingga tidak gampang terkena virus corona. Karena itu, Jus ini akan melewati proses tahap pengujian terlebih dahulu terutama uji BPOM memastikan kelayakan konsumsinya.

“Sebelum kita buat lebih banyak lagi, uji BPOM dilakukan,” tukas Idris.

Ia sangat menyakini, ramuan ini cocok untuk penambah imun tubuh. Karena bahannya terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang sangat alami.

"Saya yakin ini aman dikomsumsi karena orang-orang terdahulu di Gorontalo juga pernah mengkomsumsi jamu dari tumbuh-tumbuhan untuk penambah stamina dan kekebalan tubuh. Kelebihan komsumsi jamuan seperti tanaman Toga ini pun tidak menimbukan efek samping, justru menyehatkan,” tandasnya. (Ar/ir)

Posting Komentar untuk "Aparat Dan Masyarakat Biyonga Uji Coba Ramuan Penangkal Virus Corona"