Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Majukan Indonesia Bersama Pemuda Peduli

Oleh : Said Alwy M.N.A., Program Director Pemuda Peduli


Pemuda Peduli merupakan sebuah NGO (Non Government Organization) yang berfokus pada pendidikan, pengembangan karakter, dan aktivasi anak muda. Berdiri secara legal sebagai yayasan semenjak tahun 2016, saat ini Pemuda Peduli sudah memasuki tahun ke 4 dan masih terus melebarkan sayapnya. 

Melalui visinya untuk membentuk generasi muda yang berpendidikan dan berkarakter, Pemuda Peduli berusaha menjadikan aktivitas sosial dan kerelawanan sebuah lifestyle baru untuk anak-anak muda dan memiliki stigma “keren” di mata anak muda. Dalam upaya mencapai visi-misinya, Pemuda Peduli memiliki 3 program utama yaitu Bina Desa, Social Traveling, dan Social Navigation.

Bina Desa merupakan program yang ditujukkan untuk peningkatan pendidikan dan potensi masyarakat desa di Indonesia. Saat ini, Bina Desa sudah memiliki 3 desa binaan yang terletak di Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat. 

Semenjak 2016, secara rutin setiap minggunya Pemuda Peduli mengirimkan relawan ke desa-desa binaan untuk melakukan pengajaran pada anak-anak serta pelatihan pada anak-anak muda di desa binaan.

Social Traveling merupakan kolaborasi aktivitas kerelawanan dengan aktivitas traveling. Program ini diluncurkan untuk menepis tanggapan bahwa aktivitas kerelawanan cenderung membosankan. 

Melalui program Social Traveling, Pemuda Peduli berusaha mengajak anak muda untuk mengenal kegiatan sosial yang dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. 

Saat ini, sudah + 300 peserta yang pernah menjadi bagian dari program Social Traveling dengan 8 lokasi pelaksanaan program yang berbeda mulai dari Pantai Sawarna Banten, hingga Garut Selatan.

Kegiatan Program Social Traveling Pemuda Peduli

Social Navigation adalah program yang dimunculkan sebagai respon Pemuda Peduli terhadap pendidikan dan potensi masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terpencil, Terdepan). 

Pemuda Peduli mengirimkan relawan Pemuda Agrapana, sebutan untuk relawan yang dikirimkan, selama 6 bulan untuk melakukan pendampingan masyarakat dalam aspek pendidikan dan juga pemberdayaan potensi masyarakat. Pada bulan Juli 2020, Pemuda Peduli sudah menyelesaikan programnya di Lombok Utara dan saat ini sedang mempersiapkan program untuk keberangkatan batch selanjutnya.

Kegiatan Program Social Navigation Pemuda Peduli

Adapun program-program lain yang diadakan oleh Pemuda Peduli diantaranya Program Kakak dan Orang Tua Asuh, Gerakan #KitaPeduli, Program Youth Scholarship, Pengobatan Gratis, serta aktivitas-aktivitas lainnya.

Untuk memastikan program yang dijalankan oleh Pemuda Peduli memberikan dampak yang terasa dan terukur, maka Pemuda Peduli melakukan pengukuran dampak di setiap programnya. Berikut merupakan pelaporan dampak program Pemuda Peduli.

Posting Komentar untuk "Majukan Indonesia Bersama Pemuda Peduli"