Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Ketua DPRD Kabupaten Demak Apresiasi Inisiatif PPWI Mengggelar Pelatihan Jurnalistik Warga

Ketua DPRD Kab. Demak, Sri Fahrudin Bisri Slamet, SE, hadir dan memberikan sambutan di acara Pelatihan Jurnalistik Warga-PPWI di Semarang

SEMARANG (wartamerdeka.info) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak, Sri Fahrudin Bisri Slamet, SE mengapresiasi inisiatif Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) menggelar acara Pelatihan Jurnalistik Warga di Semarang, Jawa Tengah. 

Pelatihan ini digelar oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PPWI, bekerjasama dengan Ketua DPC PPWI Sragen, Warsito Nosantoro Pamungkas, pada hari Sabtu, 20 Februari 2021, di gedung Mas Gandok CS, Perumnas Pucang Gading, Semarang, Jawa Tengah. Ada 29 orang peserta yang hadir terdiri dari anggota PPWI Semarang, Demak, Sragen, Magetan, mitra organisasi, dan masyarakat umum, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Demak, yang akrab disapa Slamet itu mengatakan, pelatihan semacam ini sangat penting untuk masyarakat daerah. 

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif pelatihan jurnalistik warga seperti ini dari PPWI. Karena saya menganggap hal ini sangat penting, khususnya bagi para jurnalis di daerah dan masyarakat umum. Supaya lebih memahami bagaimana dunia tulis-menulis dan kaitannya bermedia sosial. Terimakasih kepada pak Wilson Lalengke dan pak Danny Siagian yang datang dari Jakarta, untuk berbagi dengan warga di daerah,” kata Slamet dalam sambutannya.

Menurutnya, pelatihan jurnalistik akan dapat membantu meningkatkan wawasan dan kemampuan masyarakat, termasuk jurnalis yang sehari-hari menggeluti bidang jurnalistik. Hal ini sangat penting ditengah maraknya pertumbuhan media belakangan ini, namun media yang bagus sajiannya, akan menjadi pilihan masyarakat.

Anggota parlemen Demak yang sudah empat periode ini juga berharap, agar pelatihan semacam ini, masih dapat dilakukan secara berkala dimasa mendatang.

“Kami berharap, pelatihan semacam ini, masih dapat dilakukan secara berkala di masa-masa mendatang. Khususnya nanti bagi warga masyarakat dan para peminat jurnalistik di Demak,” tandasnya.

Ketua Umum DPN PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A 

Sebelumnya, Ketua Umum DPN PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A memberikan sambutannya sekaligus membuka acara pelatihan secara resmi, yang didahului Laporan dan sambutan Koordinator Penyelenggara, Warsito NusantoroPamungkas.

Dalam sambutannya, Wilson Lalengke yang juga Pemred pewartaindonesia.com ini mengatakan, Pelatihan Jurnalistik Warga selama ini sudah menjadi standar bagi PPWI sebagai ajang meningkatkan pengetahuan dan sharing pengalaman.

“Sebagaimana yang sudah biasa kita lakukan Pelatihan Jurnalistik Warga di banyak momen, yang bekerjasama dengan institusi, instansi maupun korporasi, seperti di Mabes TNI, Mako Kopassus, Mabes Polri, Paspampres, Group Astra Internasional, dan lain-lain, bagi PPWI pelatihan semacam ini, sudah menjadi standar kebutuhan. Khususnya bagi daerah-daerah. Karena ini juga sebagai ajang bagi kita untuk saling sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman,” ungkap alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 ini.  

Usai acara pembukaan, masuk pada sesi pelatihan yang diawali paparan Wilson Lalengke, dengan materi Komunikasi Massa dan Dasar-dasar Jurnalistik. Selanjutnya saat break makan siang, Ketua Umum DPN PPWI dan Ketua DPRD kabupaten Demak, melakukan bincang-bincang untuk bertukar pikiran.

Narasumber kedua, Ketua II DPN PPWI, Danny PH Siagian, SE., MBA., MM yang juga Wakil Pemimpin Redaksi wartamerdeka.info

Pada sesi kedua dari siang hingga sore, narasumber kedua, Ketua II DPN PPWI, Danny PH Siagian, SE., MBA., MM yang juga Wakil Pemimpin Redaksi wartamerdeka.info, memaparkan 2 (dua) materi hingga sesi III, yaitu tentang Teknik Menulis dan Menyunting Berita, serta materi Cara Praktis Menulis Artikel Opini.

Diketahui, sebelum acara dimulai, kedua narasumber diwawancara oleh PewartaTV dengan siaran langsung. Turut hadir dalam acara, mitra organisasi dari Keluarga Besar Laskar Merah Putih (LMP), Markas Daerah Provinsi Jawa Tengah, sebanyak 5 (lima) orang. 

Di akhir acara, kembali Ketua Umum DPN PPWI memberi wejangan secara organisatoris, yang diikuti dengan pembagian sertifikat pelatihan secara simbolis. Acara ditutup Ketua Umum, dan foto bersama. (DANS)




Foto: Narasumber Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A dan Danny PH Siagian, SE., MBA., MM saat memberikan pelatihan dari sesi I hingga sesi III (20/02/2021) 


Posting Komentar untuk "Ketua DPRD Kabupaten Demak Apresiasi Inisiatif PPWI Mengggelar Pelatihan Jurnalistik Warga"