Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


9 Universitas Di Indonesia Tandatangani MoU Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi

Foto (ka-ki): Rektor Universitas Trisakti, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA ; Warek Akademik Universitas Mpu Tantular, Drs. Bambang Rismadi, M.Si.Ak, CA dan para pimpinan Universitas lainnya

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Sembilan Universitas di Indonesia, melaksanakan penandatanganan Memorandum Of Understaning (MoU)/ Nota Kesepahaman tentang kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Acara penandatanganan dilakukan pada hari Rabu (28/04/2021), di kampus Universitas Trisakti, gedung C lantai 9, Grogol, Jakarta Barat, yang juga dilaksanakan secara zoom meeting dan luring. Sejumlah petinggi kampus tersebut hadir dalam acara dengan aturan prokes yang ketat.

Adapun ke 9 (sembilan) Universitas yang hadir secara luring dan daring adalah dari: Universitas Trisakti Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA selaku tuan rumah, Universitas Katolik Santo Thomas Medan Prof. Dr. Sihol Situngkir, MBA dan Universitas Bung Karno Dr. Didik Suhariyanto, SH., MH, sedangkan Universitas Mpu Tantular Prof.Dr.Sukrisno Agoes, SE.,Ak.,MM.,CPA.,CA menyampaikan sambutan melalui zoom meeting dan diwakili oleh Wakil Rektor Akademik, Drs. Bambang Rismadi, M.Si.Ak, CA. 

Dari Universitas Pelita Harapan Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak., M.Eng. Sc diwakili oleh Dr. Ing. Jack Widjajakusuma, Universitas Mercubuana Prof. Dr. Ngadino Surip, MS. diwakili Dr. Ir. Muji Indarwanto, MM, MT, Universitas Pancasila Prof. Dr. Wahono Sumaryon, Apt diwakili oleh Dr. Herawati Zetha Rahman, ST, MT, Universitas Halu Oleo Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun F, S.Si.,M.Si.,M.Sc diwakili oleh Ir. Arman Faslih, MT via zoom, Universitas Tama Jagakarsa, Prof. Dr. H. M. Noor Sembiring, S.E., M.M, diwakili oleh ketua Lembaga Penjaminan Mutu Dr. Sufiarina, SH, M.Hum.

Sedangkan yang menjadi inisiator atau penggagas tim 9 universitas adalah:

1. Universitas  Mpu Tantular, Jakarta  Dr.(Cand). Drs. Ir. Edison H. Manurung,ST., MM., MT., MH; 

2. Universitas Trisakti, Jakarta Alm. Dr. Ir. Trihono Kadri, MS dan saat ini diwakili oleh Dr. Aksan Kawanda selaku dosen Geoteknik, Dr. Fahmy Hermawan, ST, MT selaku Kaprodi Teknik Sipil dan Dr. Lisa Oksri Nelfia, ST, MT, MSc selaku Wadek IV, 

3. Universitas  Pelita  Harapan Prof. D r.  Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min selanjutnya diwakili Dr. Ing. Jack Wijayakusuma-Kaprodi MTS-UPH 

4. Universitas Mercu Buana, Jakarta Dr. Ir. Muji Indarwanto, MM., MT; 

5. Universitas Pancasila, Jakarta Selatan Ir. Akhmad Dofir, MT., IPM; 

6. Universitas Halu Oleo, Kendari, Sultra Ir. Arman Faslih, MT; 

7. UNIKA  Santo  Thomas, Medan, Sumut Ir. Charles  Sitindaon,  MT; 

8. Universitas Tama Jagakarsa, Jakarta Dr. Pio Ranap Tua Naibaho, ST., MT; dan 

9. Universitas Bung Karno, Jakarta Ir. Sarjono Puro, MT).

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah, Rektor Universitas Trisakti, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menyambut baik penandatanganan MoU tersebut. 

“Kami sangat menyambut baik penandatanganan MoU ini. Hal ini sangat penting dalam mengembangkan ilmu pengetahuan secara bersama, sesuai Tri Dharma  Perguruan Tinggi. Tentu, kerjasama ini bisa kita kembangkan untuk fakultas lainnya,” ujar Rektor Universitas Trisakti yang baru saja dilantik pada 29 Maret 2021 yang lalu.

Para pimpinan Tim 9 Universitas foto bersama usai penandatanganan MoU 

Sementara itu, Rektor Universitas Santo Thomas Medan Prof. Dr. Drs. Sihol Situngkir, MBA membawakan sambutannya dengan gaya rileks. 

“Jauh jauh datang dari Medan, mau tidak mau buka masker dulu supaya jelas dikenal wajahnya,” ungkapnya mengawali sambutannya. 

Menurut Sihol Situngkir, dirinya  juga merasa bangga dan terhormat, karena secara kebetulan, baru  menjabat  Rektor  tahun  lalu,  dia  diminta  untuk  membuka  Webinar berseri yang diselenggarakan Tim 9 Universitas saat itu. 

“Jadi, kami sangat menyambut baik Penandatanganan MoU ini, dan siap untuk terus bekerjasama,” katanya, disambut tepuk tangan hadirin.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Dr. Didik Suhariyanto, SH., MH selaku Rektor Universitas Bung Karno. Pihaknya  juga  berharap,  kerjasama  dapat diteruskan dari  program-program yang sudah pernah dilaksanakan sejak tahun lalu.

Dalam kesempatan berikutnya, Rektor Universitas Mpu Tantular (UMT), Prof. Dr. Sukrisno Agoes, SE. AK, MM., CPA., CA juga memberikan sambutan lewat zoom, dan sangat mengapresiasi terselenggaranya penandatanganan MoU. 

“Terimakasih atas terselenggaranya acara penandatanganan MoU hari ini, walaupun dalam situasi Covid-19. Terimakasih juga kepada para penggagas kerjasama Tim 9. Universitas ini, yang sudah berjuang dan berhasil menggelar Webinar-webinar sejak tahun lalu. Saya berharap, kerjasama dapat dikembangkan ke program studi lainnya,” kata Sukrisno Agoes.

Penandatanganan MoU disaksikan oleh undangan khusus dari Kementerian PUPR yang diwakili Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min, yang juga sebagai Ketua Bidang 5 LPJK beserta jajarannya. Juga undangan internal pejabat struktural di lingkungan Universitas Trisaksi turut hadir Prof.Ir. Asri Nugrahati, MS, Ph.D, IPU selaku Warek IV, Heru Pringgodni Sanusi, SH, MH selaku warek III, Dr. Astri Rinanti, MT, selaku Direktur Lembaga Penelitian dan Dr, Ir, Muhammad Burhannudinnur, MSc, IPM selaku Direktur Lembaga Pengabdian Masyarakat.

Di penghujung acara, Ketua LPPM Universitas Mpu Tantular, Dr (Cand.) Drs. Ir. Edison H. Manurung, MM., MT., MH yang menjadi salah seorang inisiator Tim 9, menyerahkan buku yang memuat hasil penelitian Tim 9 Universitas dengan Direktur Kelembagaan Jasa Konstruksi Kementerian PUPR, Ir. Kimron Manik MSc dengan judul buku Dinamika Konstruksi dalam Merespon Pandemi Covid 19, Ketangguhan Manajemen Konstruksi dan Solidaritas Jasa Konstruksi. Dan yang menjadi prakata dalam buku tersebut adalah Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Ir. Trisasongko Widianto, Dipl, HE. Secara simbolis, 4 (empat) buah buku tersebut diserahkan kepada Rektor Universitas Trisakti.

Keseluruhan acara berlangsung dengan lancar, selama  kurang lebih satu setengah jam. Usai acara, dilakukan foto bersama seluruh peserta yang diperkirakan sekitar 35 orang itu. (DANS/ EHM)

2 komentar untuk "9 Universitas Di Indonesia Tandatangani MoU Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi"