Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

 


 


Buka Musda Pertama KAHMI Barru, Bupati Suardi Saleh Bernostalgia

BARRU (wartamerdeka.info) - Musda KAHMI Barru Pertama kalinya digelar sejak 55 Tahun Organisasi Mahasiswa Terbesar di Republik Indonesia ini menghadirkan tokoh intelektual Barru.

Hal ini, menjadi momentum sejarah bagi Barru dibawah Kepemimpinan Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si yang hadir membuka langsung Musyawarah Daerah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barru, Ahad (31/10/2021).

"Selamat dan sukses atas pelaksanaan Musda Ini sejarah, KAHMI yang lahir tahun 1966, 55 Tahun lalu baru sempat dilakukan Musyawarah Daerah Kabupaten Barru hari ini," sebut Bupati Suardi Saleh yang mengakui bangga ber HMI dengan pernah mengikuti Basic Training dan sempat menginap di Markas HMI di Bottolempangang.

Tema Musyawarah Daerah KAHMI I Barru, yang mengangkat aktualisasi peran dan sinergitas KAHMI dalam pembangunan daerah Kabupaten Barru, membuat Bupati yang bergelar "Pemimpin Tanpa Sekat" ini bahagia.

"Beban di pundak saya dan di Kabupaten barru menjadi ringan dengan membaca Tema Musda ini, ada Sinergitas, Apa itu sinergitas, artinya memberi bantuan dari kiri kanan belakang dan depan untuk mewujudkan visi Daerah," sebut Suardi Saleh yang mendaraskan kalimat mewujudkan masyarakat adil dan makmur sebagai resolusi tujuan HMI, sejalan dengan visi pembangunan daerah yang sejahtera, mandiri, berkeadilan dan bernafaskan keagamaan.

Andi Tobo Khaeruddin, yang hadir selaku Pengurus Wilayah KAHMI Sulsel dalam sambutannya banyak menyebut kehadiran KAHMI sebagai rumah peradaban.

"KAHMI adalah rumah kita bersama, saya sendiri dari Partai Nasdem, ada dari gerindra, ada dari golkar, praktisi dan akademisi dan kami ada 7 orang Presidium tapi kami tidak pernah manfaatkan KAHMI untuk politik karena kami sadar kalau KAHMI ini adalah rumah bersama, rumah peradaban," sebut Politisi Partai Nasdem ini.

Dirinya menjabarkan bahwa pola pengkaderan yang dibangun HMI dengan Insan Citanya berhasil melahirkan banyak tokoh termasuk drg. Hj. Hasnah Syam MARS yang disebutnya merupakan Alumni Tulen HMI dan aktif di KAHMI Pinrang, sebelum Hijrah ke Barru dan menjadi Tokoh Nasional Anggota DPR RI dari Partai Nasdem.

"Utamakan stabilitas, karena tanpa stabilitas kita tidak bisa melakukan apa-apa, jangan ada dualisme ke depannya, karena itu cikal disintegrasi bangsa," pesannya kepada segenap kader HMI yang hadir.

Syamsuddin Muhiddin yang juga Anggota DPRD Barru dan menjadi Steering Commite yang didaulat memberi selayang pandang tentang KAHMI Barru, membuat suasana menjadi hikmat dengan mengawali kegiatan dengan memimpin doa mengirimkan syafaat Al Fatihah kepada Mantan Direktur RSUD Barru, dr. Hj. Andi Nikmawati DEA, M.Kes yang juga merupakan Kader HMI dan pernah menjadi pengurus di Era KAHMI tahun 2000 yang dipimpin Wakil Bupati Barru, H. Kamrir Dg Mallongi, SH.

"Dulu hampir semua dokter dan Kepala Dinas di Barru adalah Alumni HMI, Pada saat itu, kita bermusyawah bukan musda, dan terpilih Kamrir Dg Mallongi saat itu sebagai  Wabup, Saya Sekum dan termasuk dr. Nikma sebagai pengurus," jelasnya sembari menyebutkan sejarah hingga terselenggaranya Musda Pertama dimasa Kepemimpinan Bupati Suardi Saleh saat ini.

Dirinya menyebutkan bahwa Musda KAHMI Barru kali ini merupakan jawaban atas mandat KAHMI Wilayah yang menunjuk 7 Tokoh Barru sebagai suksesor Musda.

Diantaranya adalah, Drs. H. Syamsuddin Muhiddin, M.Si, Ir. H. Iskandar Hamid, DR. H. Irham Jalil, S.Ag, M.Ag, DR. H. Kamaruddin Hasan, S.Ag, M.Ag, DR. Mukti Alimin, SH, MH, H. Husni Abbas, S.Ag, M.Ag serta Ahmad Kamal, S.Ag.

Kegiatan ini ditutup dengan Doa oleh Kepala Kemenag Barru, DR. H. Jamaruddin, M.Ag selaku Alumni KAHMI Korkom IAIN Alauddin serta dihadiri oleh KAHMI Wilayah Sulsel dan beberapa delegasi KAHMI Daerah seperti Pangkep, Pinrang dan Parepare termasuk kehadiran Putra Barru asal Pekkae yang kini berkiprah di Pengurus Besar HMI Pusat, Ikram Rifki yang berbaur dengan Kader HMI Cabang Barru.

(Humas/sam)

Posting Komentar untuk "Buka Musda Pertama KAHMI Barru, Bupati Suardi Saleh Bernostalgia"