Pj Bupati Muara Enim Pimpin Apel Serper Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2021

MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Penjabat (Pj) Bupati Muara H Nasrun Umar (HNU) memimpin langsung Apel Pergeseran Personel (Serper) Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Muara Enim tahun 2021 di Halaman Mapolres Muara Enim, Selasa (12/10/2021). 

Turut hadir dalam apel tersebut, Kapolres Muara Enim, Unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim dan para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim. Ketua DPRD Muara Enim, Dandim 0404 Muara Enim, Kasi Intel Kejari Muara Enim, Kasat POL PP, Damkar, Camat Muara Enim, Linmas.

Dalam arahannya usai berkeliling mengecek kesiapan personil apel tadi, Pj Bupati Muara Enim mengucap alhamdulillah karena saat ini sudah melewati berapa tahapan Pilkades Serentak pada 106 Desa di 20 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim tahun 2021, termasuk juga Deklarasi Damai pada 4 Oktober lalu dan tahapan kampanye oleh masing-masing calon Kades pada 7 s.d 9 Oktober 2021 yang secara umum terlaksana dengan baik dan lancar, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Namun, tahapan tersebut belum selesai karena dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemungutan suara pada 14 Oktober dan penetapan calon Kades terpilih pada 16 Oktober 2021 nanti yang tentunya kita semua berharap dalam penyelenggaraan Pilkades nanti berlangsung dengan sukses, tertib, aman, dan lancar, lanjut Pj Bupati mengatakan.

“Harapan tersebut tentu tidak akan terwujud jika tidak ada sinergitas antar semua pemangku kepentingan, karena kami (Pemkab. Muara Enim) tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak,” ucap Pj Bupati.

Lebih lanjut, melalui apel tadi, Pj Bupati meminta kepada semua pihak untuk mempersiapkan diri meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bahaya dan dampak dari potensi konflik disaat maupun sesudah pemungutan suara dan penetapan calon Kades terpilih yang mungkin saja terjadi. Kemudian, selain kewaspadaan, lakukan deteksi dini dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama Pilkades dan laksanakanlah dengan penuh rasa tanggung jawab agar mampu mengantarkan pada Pilkades Kabupaten Muara Enim tahun 2021 yang damai dan berkualitas.

Tak hanya itu, Pj Bupati meminta kepada semua pihak yang terlibat, baik itu calon Kades, panitia maupun petugas pengamanan agar tetap menjaga kondusivitas, mematuhi peraturan yang berlaku dan tidak melakukan pelanggararan hukum.

Di akhir arahannya, Pj Bupati mengingatkan satu hal yang tak boleh diabaikan dalam Pilkades nanti yaitu tetap harus mengedepankan disiplin menjalankan protokol kesehatan, sesuai amanat yang telah diatur dalam Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 dan Peraturan Gubernur tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman pada Situasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Sumatera Selatan.

Usai apel, Pj Bupati langsung mengikuti Zoom Metting di Ruang Rapat Utama (Rupatama), Mapolres Muara Enim dengan agenda Simulasi Tactical Wall Game (TWG) dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak di Kab. Muara Enim tahun 2021. (Agus v).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama