Hancurkan Malaysia 1-4, Garuda Indonesia Maju Ke Semi Final Piala AFF 2020

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Timnas Garuda Indonesia berhasil menghancurkan Tim Harimau Malaya 4-1, pada laga terakhir Grup B di Stadion Nasional, Minggu (19/12).

Hasil ini memastikan pasukan Garuda besutan  Shin Tae-yong itu maju ke semifinal Piala AFF 2021 (2020).

Di awal pertandingan Indonesia tertinggal terlebih dahulu setelah Malaysia melesakkan gol via sepakan Kogileswaran Raj.

Namun, dua gol Irfan Jaya membawa tim nasional Indonesia mengungguli Malaysia dengan skor 2-1 pada babak pertama laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu malam.

Garuda Indonesia terlihat tampil menyerang dan menekan lawan sejak menit pertama

Mengandalkan pemain menyerang seperti Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya dan Ezra Walian, Indonesia kerap kali membuat Malaysia kesulitan pada 10 menit pertama. Bek Pratama Arhan bahkan sudah membuat percobaan ke gawang pada menit kedua.

Namun, justru Malaysia yang membuka skor lewat tendangan Kogileswaran Raj dari luar kotak penalti, tepatnya menit ke-13. Kogileswaran memanfaatkan kesalahan umpan yang dibuat Irfan Jaya.

Tertinggal satu gol, Indonesia yang membutuhkan setidak-tidaknya hasil imbang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020 terus menggempur pertahanan Malaysia.

Hasilnya, pada menit ke-36, Irfan Jaya membayar kekeliruan yang dibuatnya dengan melesakkan gol setelah mengonversi operan tarik Witan Sulaeman.

Irfan kembali mencatatkan namanya di papan skor tujuh menit kemudian. Gol ini berawal dari pergerakan Pratama Arhan di dalam kotak penalti Malaysia. Arhan mengirimkan umpan ke depan gawang, membentur pemain Malaysia dan bola liar disambar Irfan.

Tak ada lagi gol yang tercipta setelahnya. Di babak perrana,   Indonesia membuat 15 kali percobaan ke gawang Malaysia yang lima di antaranya tepat sasaran. Malaysia hanya bisa menciptakan dua tembakan dan satu mengarah ke gawang.

Di babak kedua, Timnas Indonesia langsung menambah keunggulan pada menit awal melalui gol spektakuler Pratama Arhan pada menit ke-50.

Gol itu bermula dari operan Irfan Jaya. Dengan dua kali kontrol, Arhan langsung melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Tendangan yang mengarah mendekati mistar gawang tersebut gagal diantisipasi kiper Khairul Fahmi.

Peluang emas bagi Indonesia kembali hadir pada menit ke-56, lagi-lagi melalui Irfan Jaya. Hanya saja, pemain PSS Sleman itu gagal memanfaatkan kesempatan mencetak hattrick.

Setelah menerima umpan terobosan Rachmat Irianto, Irfan dalam posisi ideal mencetak gol. Hanya saja, tembakan kaki kanan Irfan masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Malaysia.

Muhammad Syafiq bisa membobol gawang Indonesia pada menit ke-59, akan tetapi dianulir wasit Ammar Ebrahim Hasan karena Dion Cools lebih dahulu melanggar Nadeo.

Pada menit ke-72 Muhammad Akhyar mencoba membuka peluang bagi Malaysia. Akan tetapi serangan yang dibangun Akhyar dari sisi kiri gagal setelah tendangannya melayang di atas mistar Nadeo.

Dion Cools blunder pada menit ke-80. Bola kemudian direbut Witan Sulaeman. Akan tetapi, eksekusi Witan masih mengenai kiper Khairul Fahmi, bola mengarah ke Kushedya langsung dibuang bek Malaysia lain.

Elkan Baggott membuat Indonesia menjauh dari kejaran Malaysia lewat gol sundulan pada menit ke-82. Umpan sepak pojok Evan Dimas dimanfaatkan dengan baik oleh Baggott setelah kiper Khairul Fahmi sudah lebih dahulu meninggalkan garis gawang.

Sejumlah peluang dimiliki Indonesia guna menambah skor, namun tidak ada tambahan gol tercipta. Indonesia menang 4-1 atas Malaysia skaligus melangkah ke semifinal Piala AFF 2021 bersama Vietnam. (A)

Posting Komentar untuk "Hancurkan Malaysia 1-4, Garuda Indonesia Maju Ke Semi Final Piala AFF 2020"